LION AIR Menghapus Free Bagasi 20Kg

OMG, sekarang naik Lion Air menghapus free 20kg! Apakah kita masih ingin memilih maskapai ini? Tanyakan pada diri kalian masing-masih. Haha

Anyway, salah satu alasan kenapa aku memilih maskapai Lion Air? Salah satu alasannya adalah maskapai ini punya harga yang bersahabat buat rakyat jelata seperti aku ini. Jelas, untuk kebutuhan traveling aku memang sering memilih maskapai ini untuk menghemat kantong. Nggak masalah dia mau delay berapa lama, aku masih bisa nunggu dan bisa membunuh waktu dengan membaca buku di ruang tunggu.

Tapi, kalau aku punya bajet lebih, sejujurnya aku lebih memilih maskapai lain seperti Citilink atau Sriwijaya. Apalagi kalau perginya dibayarin, hehe.

bagasi lion air

Free Bagasi 20kg Lion Air dihapuskan

Artinya, kalau mau naik Lion Air kita harus siap-siap keluarkan bajet untuk membeli bagasi. Jadi, makin mahal dong, ya? Jawabannya “Benar”! Jadi apakah aku masih akan memilih Lion Air? Ya, tergantung. Kalau perginya nggak bawa barang banyak dan duit pas-pasan. Mungkin aku masih pilih Lion Air.

Tapi kalau perginya agak jauh dan bawa bawaan segambreng. Jelas aku akan pilih maskapai lain yang kasih fasilitas bagasi besar. Mudah-mudahan maskapai lain tidak ikut-ikutan menghapus free bagasinya. Haha

Desas desus pengurangan bagasi hingga penghapusan bagasi

Berita tentang aturan bagasi ini memang sudah santer terdengar desas-desusnya di lingkungan traveler. Cuma ya gitu, masih katanya! Awalnya berita yang beredar adalah pengurangan jumlah bagasi. Lion Air yang awalnya 20 Kg dikurangi jadi 10kg, Wings Air yang awalnya 10kg dikurangi jadi 5 kg.

Namun selang beberapa hari muncul pemberitahuan bahwa aturan itu diralat dan kembali ke aturan awal. Duh Lion ini gimana sih, bikin bingung aja. Jadi maju-mundur kan mau pergi. Aku sendiri sempat cari tahu dan cross check ke salah satu teman yang kerja di Lion Air. Jawannya “Aku nggak tahu tentang berita itu”. Lahh, lucu banget kan? Jadi mana yang harus aku percaya ini? Ya jelas, Tuhan Yang Maha Esa.

Surat edaran dan press rilis dari Lion Air sudah kuat bukti

Jadi yang awalnya cuma desas desus aja, sekarag sudah ada buktinya. Lion Air secara resmi sudah keluarkan press rilis untuk kebijakan bagasi ini. Kali ini bukan lagi pengurangan jumlah berat bagasi, tapi free bagasi 20kg sudah resmi dihapuskan.

Kalau kita mau naik Lion Air dan Wings Air dengan barang bawaan yang berjibun harus beli bagasi. Pasalnya penumpang hanya dikasih free bagasi kabin 7 kg saja. Gimana saudara-saudara, sudah jelas?

Mulai tanggal 8 Januari 2018, bagasi Lion Air berbayar. Oke, untuk rakyat jelata, mari kita pikirkan baik-baik barang apa yang penting untuk di bawa saat traveling. Jangan sampai kita kena denda di bandara gara-gara bagasi. Kalau emang mau bawa barang bawaan yang berjibun kalian bisa beli voucher bagasi (prepaid baggage) melalui OTA, website Lion Air, atau kantor penjualan Lion Air Group.

Kita bisa beli pada saat issued tiket atau setelah issued tiket, biaya prepaid baggage lebih murah dari pada denda kelebihan bagasi (excess Baggage) di Bandara. Prepaid baggage juga bisa kita beli paling lambat 6 jam sebelum berangkat. Jeng…jeng….!

***

Jadi kalau ditanya, apakah aku nantinya mau naik Lion Air lagi apa nggak, ya jawabannya “Tergantung”. Tergantung mau pergi kemana, tergantung mau bawa apa aja, tergantung berapa lama dan tergantung kantong juga. Hahaha.

Share This:

2 thoughts on “LION AIR Menghapus Free Bagasi 20Kg”

  1. hmmm, kalau memang free bagasi dihapuskan tapi harga tiket jadi murah mungkin bisa masuk akal kali yah, tapi kalo malah jadi lebih mahal mending cari yang bisa membuat nyaman aja deh daripada udh bli tambahan tapi ga nyaman itu kan rasanya kayak gimna gitu kaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *