7 alasan Vietnam Menarik Untuk Dikunjungi

Apa yang ada di dalam benak kalian ketika mendengar negara Vietnam? Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi negara tersebut? Saya sempat merasa ragu ketika seorang teman saya mengajak untuk traveling ke Vietnam. Ada sedikit rasa miris ketika saya mendengar nama negara itu, karena ada sebuah info yang saya tangkap bahwa Vietnam adalah tergolong negara yang sangat rawan dan masyarakat lokal cenderung tidak bersahabat dengan para wisatawan. Namun, ketika saya benar-benar pergi ke Vietnam, saya merasa Vietnam adalah negara yang menarik untuk dikunjungi. Inilah 7 Alasan bahwa Vietnam Menarik untuk dikunjungi :

vietnam

1 . Banyak Bangunan Ala Eropa

Vietman merupakan negara bekas jajahan Prancis pada peretengahan abad 19. Ketika pada masa itu, Perancis membawa perubahan yang signifikan dalam bidang politik dan kebudayaan pada masyarakat Vietman. Maka tak heran jika banyak sekali bangunan-bangunan yang ada di sana mirip dengan bangunan yang ada di Eropa. Salah satu bangunan dari hasil masa jajahan Prancis adalah Basilika Notre-Dame yang dibangun antara 1863 dan 1880. Gereja tersebut memiliki dua menara lonceng,  dengan tinggi 58 meter atau 190 kaki.

Katerdal
Notre Dame

Selain itu ada Central Post Office kota Ho Chi Minh yang berada tak jauh dari Notre-Dame. Bangunan yang didesain oleh Gustave Eiffel pada tahun 1886 -1891 ini masih terawat dan berfungsi baik sebagai kantor post.

Central Post Office
Central Post Office

2 . Pantai yang Memukau

Jika di Ho Chi Minh city kita dapat melihat pemandangan kota dengan bangunan-bangunan yang bernilai sejarah. Maka sekarang kita beralih ke Nha Trang yang memiliki pesona pantai yang luar biasa. Mata kita akan dimanjakan oleh birunya air laut, sunrise yang sendu, dan romantis untuk dinikmati oleh pasangan kita dan mayoritas pantai tersebut bebas dari sampah.

Chong Rocks Beach
Chong Rocks Beach

3 . Kearifan Lokal Masih Terjaga

Mengapa Vietnam banyak sekali dikunjungi oleh wisatwan asing? Mungkin salah satunya adalah masih terjaganya kearifan lokal. Meskipun kita berada di pusat kota Ho Chi Minh atau di kota lain tak jarang kita melihat beberapa ciri khas Vietnam yang nampak begitu menonjol. Seperti penutup kepala yang mirip seperti caping, berbentuk kerucut dan terbuat dari daun kering, masih kerap digunakan oleh penduduk lokal.

per
Vocalis memakai Ao Dai sambil menyanyikan lagu daerah
topi yang sering di pakai oleh masyarakat lokal
topi yang sering di pakai oleh masyarakat lokal

Selain menggunakan penutup kepala yang khas, penduduk asli Vietnam juga masih terlihat menggunakan Ao Dai yang merupakan pakaian adat Vietnam yang dipakai oleh kaum perempuan. Ao Dai ini berbentuk seperti bluse yang memanjang hingga samapai mata kaki dengan paduan celana dengan model gombarang atau tidak pres di kaki.

4 . Taman kota yang Terawat

Sebuah kota akan nampak indah jika dilengkapi dengan taman kota. Seperti halnya Vietnam yang memiliki tata kota yang dilengkapi dengan taman-taman kota yang indah dan terawat membuat kota di Vietnam terkesan seperti di Eropa. Di tambah lagi dengan beberapa arsitektur bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur Prancis.

vietnam

Taman-taman yang sempat saya kunjungi nampak terawat, bersih dan rindang. dengan beberapa fasilitas umum didalamnya seperti bangku panjang, tempat sampah, dan nampak pula beberapa alat fitnes sederhana yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

vietnam

5 . Trotoar yang Lebar

Melakukan city tour di Vietnam akan terasa asik jika kita lakukan dengan jalan kaki. Alih-alih kita olah raga sambil panas-panasan, sih. hehe. Capek? Bagi saya itu asik dan capek mendapat urutan nomer sekian yang akan saya keluhkan. Karena mata saya asik beredar menikmati pemandangan kota sambil bergurau bersama teman di atas trotoar sepanjang jalan menuju spot-spot wisata di Vietnam.

vietnam

Bagi pejalan seperti saya dan teman-teman akan sangat menyenangkan jika sebuah kota memiliki trotoar yang luas dan bersih dari pedagang kali lima, apalagi sepeda motor yang naik trotoar. Karena kami bisa berjalan dengan jumawa dan bergurau dengan bebasnya. Sejauh apa kita akan berjalan jarak tempuh itu tidak akan berarti karena pada dasarnya kami merasa nyaman.

6 . Transportasi Yang Nyaman

Transportasi akan menjadi pokok bahasan utama ketika kita hendak melakukan perjalan dari kota satu ke kota lain. Kita kesana naik apa? transportasinya gimana? Nyaman tidak? Ada beberapa alat transportasi di Vietnam, yang menurut saya sangat nyaman untuk mengantarkan kita pergi menunju ketempat destinasi yang kita inginkan. Salah satunya adalah sleeper bus. Ada banyak penyedia transportasi di Vietnam yang menyediakan beberapa kendaraan berupa bus yang sangat nyaman untuk mengantar kita menuju kota yang kita inginkan.

Sliper bus Vietnam
Sleeper bus Vietnam

Untuk perjalanan malam kita bisa menggunakan sleeper bus, karena sangat nyaman untuk perjalan kita. Selain bisa memejamkan mata kita juga bisa merebahkan tubuh kita.

7 . Hotel Mewah Harga Murah

Wohhh, kotanya ramai banget, banyak turis, gedung bertingkat, hotel dimana-mana dan pasti mahal. Jangan salah! Meskipun Ho Chi Minh merupakan pusat kota, banyak turis dan hotel berbintang menjulang tinggi dan megah. Kita para backpaker juga bisa kok, nikmati hotel yang murah dengan fasilitas kamar yang hampir serupa dengan hotel berbintang.

vietnam

Fasilitas hotel berbintang pada umumnya adalah, tempat tidur, kamar mandi dalam lengkap dengan shower panas-dingin, mini bar, lemari, televisi, kulkas dan pendingin ruangan. Dengan fasilitas tersebut kita juga bisa menikmatinya pada hotel sekelas backpaker.

Ketika saya pergi ke Vietnam bersama ketiga teman saya. Saya menginap di salah satu hotel yang menurut saya sangat murah dan sangat nyaman. Dengan harga murah, kami mendapatkan fasilitas yang serba lengkap beserta sarapan pagi.

Nah, gais itulah 7 alasan kenapa Vietnam menarik untuk dikunjungi. Bagaimana dengan kalian? Apakah akan membuat rencana untuk traveling ke Vietnam?

Share This:

3 thoughts on “7 alasan Vietnam Menarik Untuk Dikunjungi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *