Uncategorized

Hati-Hati Menyinggung, 3 Hal Ini Merupakan Body Shaming

Mendapatkan komentar mengenai bentuk tubuh memang sangat tidak menyenangkan. Padahal bentuk tubuh setiap orang mudah sekali berubah. Tindakan tersebut merupakan bentuk dari body shaming.

Namun, terkadang seseorang tidak sengaja melakukannya kepada orang lain. Padahal apa yang mereka lakukan terkadang menyakitkan. Bahkan, secara tidak langsung bisa memengaruhi mental orang yang menerima pernyataan tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu tidak dengan mudah mengomentari sesuatu yang berhubungan dengan anggota tubuh seseorang. Berikut ini sebuah penkataan yang harus kamu hindari agar tidak terlibat dengan body shaming.

1 Mengometari perubahan tubuh seseorang

Ketika kamu bertemu dengan teman lama, tentu saja ada perubahan yang kamu lihat. Entah itu gemuk atau kurus. Ada baiknya kedua hal tersebut tidak kamu ucapkan secara langsung seperti “Kamu kok gemukan?” atau “Kamu kok kurusan?”

Kedua kalimat tersebut mungkin terdengar ringan dan sederhana. Namun, hal itu bisa menjadi sesuatu yang menyakitkan bagi mereka yang mendengarnya. Pasalnya, betuk tubuh seseorang mudah sekali berubah tergantung metabolisme mereka.

Selain itu, kamu juga tidak mengetahui apa yang sedang terjadi pada mereka ketiak lama tidak bertemu denganmu. Hal tersebut bisa saja kejadian yang sangat buruk bagi mereka, atau sesuatu yang menyenangkan.

Bisa saja apa yang kamu tanyakan menjadi pujian bagi mereka. Namun, tetap saja semua itu masuk dalam kategori body shaming yang harus kamu hindari.

2 Mengomentari perubahan pada wajah

Selain perubahan pada tubuh, perubahan wajah juga bisa sangat sensitive untuk dikomentari. Misalnya, kamu mengomentari wajah seseorang yang dengan munculnya jerawat. Sama seperti bentuk tubuh, wajah seseorang juga bisa mengalami perubaha.

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi pada dirinya. Perubahan pada wajah seseorang bisa jadi disebabkan karena perubahan hormone atau lifestyle mereka. Seperti halnya kurangnya diberikan perawatan atau ada ketidakcocokan untuk produk skincare yang mereka pakai.

Daripada mengomentari mengenai jerawat, lebih baik menanyakan kegiatan mereka ketika kamu bertemu teman lama. Pasalnya, komentar kamu bisa membuat seseorang merasa minder dan tidak percaya diri.

3 Mengomentari warna kulit

Basa-basi dengan menyinggung warna kulit seperti ini seringkali terjadi. Daripada bertanya soal kulit, lebih baik diganti dengan menanyakan kabarnya. Pasalnya, warna kulit bukanlah sesuatu yang layak diperdebatkan.

Di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai macam warna kulit mulai dari putih hingga tanning. Setiap warna kulit yang dimiliki seseorang memiliki keunikan tersendiri. Bahkan sejumlah kosmetik di Indonesia telah memberikan solusi untuk sejumlah warna kulit yang kamu miliki. Dengan demikian seharusnya tidak ada lagi perdebatan mengenai warna kulit.

Tidak peduli warna kulit kamu, jika kamu merwatnya dengan baik, kamu bisa tetap tampil cantik meskipun memiliki warna kulit gelap.

Ketiga poin di atas merupakan bentuk body shaming yang sering kali tidak sengaja terlontar bahkan dianggap sangat wajar ketika memberikan komentar mengenai hal tersebut. Padahal dengan apa yang kamu lakukan bisa membuat orang merasa tidak nyaman dan tersenggung.

 

 

Share This:

Leave a Reply