Cara Sederhana Membuat Ruangan Menjadi Lebih Terang di Hunian Minimalis

Dekorasi adalah fase yang akan ditemui oleh para pembeli rumah dijual saat mulai menempatinya. Menurut portal jual beli rumah dijual, Lamudi.co.id, ada banyak hal yang mungkin akan membuat mereka kebingungan dalam mendekorasi beberapa ruangannya, salah satunya adalah pada aspek

Pada dasarnya terdapat dua jenis pencahayaan ruangan, yaitu menggunakan lampu dan langsung dari matahari. Kedua jenis pencahayaan tersebut tentu memiliki fungsi yang sama.

Beberapa pemukim yang sengaja memilih rumah dijual berdesain minimalis dengan pemilihan ide dekorasi minimalis mungkin adalah golongan yang paling bingung dalam memproporsikan penggunaan cahaya. Bagi ide minimalis, mereka akan mengusahakan pencahayaan natural secara maksimal untuk menerangi keseluruhan ruangannya. Namun hal tersebut tentu tidak bisa dipaksakan ketika hari sudah beranjak malam. Tentu membutuhkan pencahayaan lampu bukan?

Dilansir dari Freshome.com, ada sejumlah cara sederhana yang bisa membuat ruangan-ruangan Anda menjadi lebih terang khusus untuk Anda para pemilih rumah dijual dengan dekorasi minimalis.

1. Pilih Warna Dinding yang Sesuai

Warna dinding menjadi salah satu faktor akan gelap atau terangnya ruangan. Jika kita menggunakan warna-warna mati seperti hitam dan maroon tanpa melihat warna furnitur dan penempatannya, ruangan kita tentu akan terlihat gelap dan panas. Padahal, kita hanya perlu menggunakan warna pilihan, beberapa warna yang membantu ruangan menjadi terang adalah putih, perak, lavender, abu-abu muda, warna cerah seperti oranye atau hijau.

2. Pindahkan Sejumlah Barang

Walaupun ruangan Anda termasuk ruangan yang minimalis, pastikan Anda membuat sebuah area kosong di dalamnya. Pindahkan sejumlah barang dengan ukuran besar yang berada di sana ke ruangan lain. Namun jika Anda memutuskan untuk meletakkan barang di area kosong tersebut, pilih barang-barang yang cukup efisien ukurannya, semakin kecil ukuran barang, ruangan akan semakin terlihat luas dan terang.

3. Maksimalkan Posisi Jendela

Jendela merupakan perantara langsung antara sumber cahaya dan ruangan. Posisi jendela sangat menentukan masuknya cahaya, posisikan jendela di belakang atau tepat di seberang sumber cahaya dan Anda akan bisa melihat betapa terangnya ruangan.

Pengaruh lainnya adalah besar kecilnya jendela. Semakin besar jendela, maka semakin besar kapasitas cahaya masuk. Usahakan untuk membuat jendela yang tidak terlalu besar ataupun kecil sehingga jumlah cahaya sesuai dengan besar ruangan. Dan pengaruh yang terakhir adalah bersih kotornya jendela. Sudah jelas jika jendela kotor, tentu akan menghalangi cahaya yang masuk.

4. Perhatikan Warna Furnitur

Jika kalian menginginkan ruangan rumah dijual yang sudah Anda beli terasa lebih terang dan ringan, pertimbangkan dari ukuran furnitur Anda. Furnitur dengan warna gelap dan berat dapat menghisap sumber cahaya dari ruangan. Cobalah furnitur yang ringan dengan warna terang.

5. Jangan Lupakan Lampu

Lampu memang sudah menjadi sumber pencahayaan utama. Namun yang dimaksud di sini adalah menggunakan kreativitas kita untuk membuat lampu di ruangan kita menjadi lebih catchy. Di ruangan yang cukup kecil, jangan takut untuk menggantungkan lampu pada langit-langit ruangan, lampu lampion bisa menjadi ide bagus karena selain desainnya yang menarik, juga meningkatkan kapasitas cukup cahaya sehingga ruangan akan terasa lebih besar.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *