Dolan Ke Tasikmalaya Naik Bus, Berani Coba?

Awal tahun seperti ini biasanya aku sudah mulai merancang perencanaan sebuah perjalanan. Berasa kek banyak duit aja kan? Kadang pun tak peduli seperti apa cara jalannya. Kalau lagi banyak duit, tentu aku akan merencanakan perjalanan yang fancy tapi kalau lagi miskin, backpacker pun tak masalah. Aku mah anaknya selow.

Desstinasi impian ketika datang ke Tasikmalaya

sumber : travel kompas

Bulan depan aku sudah merencanakan perjalanan ke Tasikmalaya, yang deket-deket aja deh kayaknya. Biar bajetnya irit kali ya, kan masih di awal tahun juga. Rencananya aku mau traveling ke Kampung Naga, di sana katanya masih sangat tradisional sekali. Mereka masih memegang teguh tradisi para leluhur. Mulai gaya hidup serta rumah yang mereka tinggalin pun masih tergolong masih sederhana.

Selain itu aku juga mau datang ke Gunung Galunggung yang kata orang adalah destinasi wajib dikinjungi saat datang ke Tasikmalaya. Ini merupakan gunung berapi di Tasikmalaya. Pemandangannya indah banget, meskipun harus rela trekking tipis-tipis. Jika tak mampu trekking, ada tangga yang sudah disediakan. Di sana juga ada pemandangan danau yang bisa dinikmati. Letaknya pun nggak jauh dari pusat kota.

Aku pun akan mencari pemandangan alam yang sejuk. Jadi aku pun akan memilih berkunjung ke Kebun Teh Taraju. Kebun teh dengan luas 2.062 hektar ini adalah kebun milik warga. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota, hanya 48 kilometer saja. Tentu akan sangat mudah dijangkau kan? Seru deh rasanya kalau bisa datang ke sana menikmati pemandangan yang hijau dan merasakan udara sejuk di perbukitan.

How to get there

sumber : fiklr

Angan-angan dan rencana treveling itu selalu melintas dalam otakku, yang bikin bingung adalah gimana caranya buat datang ke sana. Setelah cari refrensi ke sana ke mari di website travel dan menemukan tujuan mana aja yang worth it untuk dikunjungi. Aku pun kemudian mikir gimana cara buat datang ke sana. Ya iyalah, masa iya nggak cari tahu kesananya gimana.

Datang ke Tasik dari Jakarta naik apa ya? Banyak sih yang nyaranin aku buat naik bus. Secara aku anaknya jarang banget naik bus. Bukannya takut mabuk. Tapi, salah satu hal yang aku malas ketika naik bus adalah membeli tiketnya. Kita harus datang ke pool bus atau terminal dulu buat dapatkan tiketnya. Kalau bus ekonomi emang nggak perlu serempong itu. Tapi kalau jarak jauh, rela naik ekonomi?

Kezelnya lagi kadang harga tiket bus itu fluktuatif. Tergantung si abang mau matok harga berapa. Sedih kan? Kalau biasanya aku pesen tiket kereta atau tiket pesawat melalui traveloka yang harganya sudah pas dan praktis. Akan malas rasanya jika harus datang ke agen bus atau terminal yang mana harganya tidak jelas. Udah effort buat jalan ke agen, lalu dipatok harga mahal lagi, kan jadi syedih.

Balik lagi ke cara bagaimana bisa sampai ke Tasikmalaya. Menurut referensi yang aku dapatkan, rute paling gampang adalah naik bus dari Jakarta menuju Tasikmalaya. Kemudian dari terminal kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum atau menyewa kendaraan di sana. Kalau mau irit sih sewa kendaraan.

Pesan tiket bus sekarang nggak pake emosi, Sis!

Kata temenku aku norak, karena aku bingung cari tiket bus. Ya kali, jaman dulu harus datang ke agen. Sekarang, pesen tiket bus bisa lewat traveloka. Cari dulu, bus apa yang akan kita pilih untuk mengantarkan sampai tujuan. Kalau tujuaanya ke Tasikmalaya, aku bisa plilih bus Budiman. Secara bus ini adalah salah satu bus populer yang melintasi area Jawa Barat.

Fasilitasnya pun sudah tidak diragukan lagi kan? Seatnya dua, bus Budiman ini merupakan bus jenis Mercedez Benz. Rute Bus Budiman ini antara lain ke Tasikmalaya ke Rancaekek (Bandung), BSD (Serpong), Ciledug (Jakarta), Cireundeu (Jakarta), dan Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta). Untuk info lebih lanjut bisa klik di sini

Jaman sekarang semua serba mudah. Mau pergi kemana pun tinggal pesen dari atas tempat tidur sambil belekan. Kalau udah beres tinggal mandi dan cuss, berangkat. Ya gak, Sis?

 

 

 

 

Share This:

2 thoughts on “Dolan Ke Tasikmalaya Naik Bus, Berani Coba?”

  1. enak nih kampung naga.. katanya di pinggir jalan trayek bis Jakarta (Kampung rambutan) ke Tasikmalaya kan ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *