Meriahnya Suasana Festival Danau Toba 2018 di Silahisabungan

Perjalanan panjang dan jauh harus rela aku tempuh demi untuk datang di Festival Danau Toba 2018. Ini adalah kali pertamanya saya datang di tanah Batak. Beberapa referensi yang saya dapatkan sebelum berangkat mengatakan bahwa untuk menuju Danau Toba dari Bandara Silangit. Tapi pada kenyataannya venue yang akan aku datangi membutuhkan waktu  selama 5 jam perjalanan.

festival danau toba

Menuju Kabupatan Dairi, Sumatera Utara

festival danau toba

Biasanya para pelancong datang ke Toba melalui Parapat atau Baligi yang mana memang tidak terlalu jauh dari Bandara Silangit. Well, aku dan teman-teman pun rela menempuh perjalanan yang lumayan jauh menuju Sidikalang kabupaten Dairi.

Rupanya daerah ini penghasil kopi arabika kualitas super lho. Sebuah perjuangan yang teramat sangat melelahkan dan menyenangkan. Jadi bisa kalian bayangkan, bahwa daearah Sidikalang Dairi adalah daerah dataran tinggi

Festival Danau Toba 2018 kali ini memang dipusatkan di Silahisabungan Kabupaten Dairi. Untuk meuju kesana pun kita harus melalui medan yang cukup menantang dengan beberapa tanjakan dan tikungan tajam. Jadi memang kita harus berahati-hati dalam berkendara.

Pembukaan Festival Danau Toba 2018

festival danau toba

Ada tiga spot venue Festival Danau Toba 2018. Spot pertama berada di Tao Silalahi yang merupakan tempat pembukaan Festival Danau Toba (5/12). Pembukaan dilakukan oleh Sekda Provinsi Sumatera Utara.

Tak ketinggalan beberapa tari-tarian pun ikut memeriahkan opening ceremonial Festival Danau Toba. Uniknya lagi, perbukitan dan Tao Silalahi menjadi latar belakang pemandangan yang indah. Musik-musik dan tarian daerah pun menambah keceriaan acara yang berlangsung begitu meriah.

Spot kedua Festival Danau Toba ada di Tugu Makam raja Sillalahi yang letaknya tidak jauh dari venue pertama. Di sana kita bisa lihat festival kopi Sidikalang yang nikmatinya tak tertandingi. Sementara di spot ktiga ada di pantai Paropo. Di sini pertandingan Trialthon berlangsung pada tangal 6 Desember 2018.

Selain itu akan ada puluhan tenda yang berdiri di pinggiran pantai Paropo. Masih banyak acara menarik lainnya lho di Festival Danau Toba 2018 ini. Masih ada waktu pula sampai besok tanggal 8 Desember 2018.

Pemandangan di sekitar venue sungguh memanjakan mata

Selailn menyaksikan kemeriahan Festival Danau Toba, mata kita pun akan dimanjakan oleh keindahan alam yang memukau. Meskipun kita hanya duduk di tepian pantai Paropo, rasanya ada sebuah ketenangan tersendiri.

Birunya air danau dipadu dengan hijaunya perbukitan yang mengelilingi danau. Sungguh membuat hati terasa adem dan tak ada hentinya untuk bersyukur. Kita juga bisa berfoto ria dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan itu.

festival danau toba

Kalau sudah begini, perjalanan panjang untuk menuju Silahisabungan seolah tidak ada rasanya. Semuanya sudah terbayar lunas dengan keindahan alam yang ada dan kita nikmati.

Sayangnya untuk masalah kuliner di daerah sini harus selektif untuk kita yang muslim. Tipsnya adalah cari warung yang bertuliskan warung muslim atau nasional. Bisa dipastikan hidangannya aman dan halal.

Jadi, gimana? Kapan kalian datang ke sini? Melihat dan mencari tahu sisi lain dari danau Toba.

#PesonaDanauTobaFest #PesonaDanauTobaFestival2018 #PesonaIndonesia #Genpi

Share This:

3 thoughts on “Meriahnya Suasana Festival Danau Toba 2018 di Silahisabungan”

  1. Ya allah apalagi aku yang belum pernah menapakan kaki di sana..hanya bisa nanar membaca tulisan ini dan berharap bisa sampai sana secepatnya.

    Dari ku yg berharap bisa bersanding bersama mu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *