Keselamatan dan Kesehatan Kerja Itu Penting Untuk Semua Profesi

Pernah nggak sih kalian terfikir untuk memperdulikan Keselamatan, Kesehatan, Kereja atau K3. Secara kita semua bekerja kan untuk memenuhi kehidupan kita. Kalau kita selamat dan sehat maka kita pun bisa produktif kan saat kerja.

Banyak sekali profesi yang ada di Indonesia ini. Banyak sekali! Nah, apakah dari jumlah yang banyak itu semuanya sudah menerapkan k3? Seharusnya sih diterapkan ya. Lalu seperti apa sih penerapannya? Yuk kita bahas satu-satu.

Standar keselamatan dan kesehatan kerja

Sebenarnya untuk keselamatan dan kesehatan kerja itu ada standarnya lho, seperti halnya; peningkatan pengetahuan kesehatan kerja, pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja, penyedia ruang ASI dan pemberian kesempatan memerah ASI, aktivitas fisik, pemeriksaan kesehatan bagi pekerja dan menerapkan ergonomi di tempat kerja.

Nah dari standar keselamatan dan kesehatan kerja yang sudah saya sebutkan di atas pun masih bisa dijabarkan lagi. Intinya, untuk setiap pekerja perlu tahu pentingnya kesehatan kerja dan punya keinginan untuk melakukan hidup bersih dan sehat.

Selain itu perilaku hidup bersih dan sehat pun harus diterapkan di tempat kerja, sehingga kita pun nyaman dalam melakukan aktivitas. Namun kita pun tidak boleh lupa untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mencapai produktivitas kerja yang optimal. Jangan sampai kita sakit karena bekerja.

Bagaimana kalau kita bukan seorang pekerja kantor?

Sebenernya sama saja sih, pekerja kantor sama pekerja lepas. Kita harus memperhatikan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) Jika pekerja kantor, maka kantor mereka harus memenuhi syarat standarisasi K3. Namun bagi pekerja lepas maka kita sendiri sebagai pekerja yang harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja kita sendiri.

Contohnya nih, untuk pekerja lepas yang sering di lapangan maka kita pun harus memperhatikan hal-hal mengenai keselamatan kerja, misalnya menggunakan masker ketika berkendara, menggunakan helm proyek jika sedang berada di lingkungan proyek atau bangunan.

Nah untuk para jurnalis pun juga sama lho. Apalagi kita setiap hari terkena paparan cahaya dari layar komputer atau laptop. Ini kalau dibiarkan pun bisa menjadi tidak baik dan terjadi gangguan kesehatan lho.  Jadi alangkah baiknya jika kita pun melakukan peregangan sesaat ketika sedang berada di depan layar.

***

Nah buat kalian semua orang-orang yang produktif maka jangan sepelekan K3. Pasalnya kalau kalian sakit makan produktivitas kalian pun menurun, tentu hal ini akan mengurangi penghasilan kalian kan? Yuk kita hidup sehat.

 

 

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *