Traveler Harus Sehat, Ini Jurus Sehat Dari #AksiSehatCeria

Traveler nggak boleh sakit! Itulah yang selalu aku katakan pada diriku sendiri agar selalu semangat dan tetap sehat. Namun sugesti tersebut tidaklah cukup jika pola hidup dan pola makanku berantakan. Makan sembarangan dan nggak pernah olahraga. Punya tubuh sehat tentu idaman setiap insan, toh?

Salah satunya adalah menjaga pola makan dan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Kadang keduanya ini sering dilupakan termasuk aku. Terlalu banyak makan pun berdampak yang kurang baik dan juga sebaliknya. Jadi memang harus seimbang antara makanan yang kita makan dan energi yang kita keluarkan.

Kata pak Dokter kalau pengen sehat harus jaga pola makan

traveling itu seru, kalau kondisi kita sehat

Nah, agar asupan  tetap terjaga maka kita perlu memperhatikan 4J yaitu, Jenis, Jumlah, Jadwal dan Jurus memasak. Jenis makanan yang harus kita makan adalah makanan yang sehat. Sesuai dengan 4 Sehat 5 Sempurnalah. Jangan kelebihan juga. Kamu pun harus bisa membagi jadwal makan yaitu ( 5-6 x per hari ( 3 makan besar dan 2-3 kali makan snack). Untuk jurus memasak pun, rupaya juga sangat diperhatikan lhoo. Contoh memasak dengan cara direbus atau dikukus itu lebih baik dari pada digoreng.

Tapi ya, menjaga pola makan saat traveling itu nggak gampang. Apalagi harus sesuai jadwal. Boro-boro makan makanan sehat, kadang pun bisa sampai telat dan lupa nggak makan lantaran sudah ngantuk dan pengen bobok. Gimana mau sehat coba? Haha.

Jangan lupa makan

Berkat ikut sebuah talkshow dari Dokter Sehat di  Ciputra Medical Center, aku jadi makin mengerti bagaimana caranya agar tetap sehat. Kalau sehat, kan aku bisa dolan kemana aku suka. Setelah acara aku pun menyempatkan diri untuk donor darah. Lama juga kan gak donor.

Oiya, acara kemaren itu ternyata disupport sama Indodax lho. Itu lho platfrorm di mana penjual dan pembeli aset digital seperti bitcoin bisa bertemu dan bertransaksi. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset. Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI.

Tips Sehat Saat Traveling

Bisa menikmati pemandangan yang indah kan?

Kalau ditarik kesimpulan, saat traveling kita pun harus menjaga pola makan. Pertama, usahakan jangan jajan sembarangan. Lihat dulu tuh, warung atau tempat kalian jajan, apakah sudah bersih atau tidak. Soalnya kalau kotor kan justru akan membawa penyakit juga.

Makan juga jangan berlebihan ya. Pasalnya, kalau kita kekenyangan pun malah akan terasa tidak nyaman saat jalan. Perut akan terasa begah dan malas untuk melakukan aktivitas. Usahakan jangan telat makan. Jika sekiranya kalian telat makan atau susah menemukan warung makan maka jangan biarkan perut kalian kosong ya. Usahakan makan makanan ringan untuk mengganjal perut seperti roti mari atau sejenisnya.

Jangan sering makan gorengan saat traveling. Pasalnya makanan yang cara memasaknya dengan cara digoreng dapat memicu timbulnya radang tenggorokan atau panas dalam. Ingat, kegiatan kalian di lapangan sudah menguras tenaga dan tentu tak luput dari paparan sinar matahari, jadi gampang banget untuk kecapean dan terkena panas dalam.

Perbanyaklah minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Saat kalian traveling tentu akan menguras tenaga, untuk itu minumlah air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Jadi, agar kamu bisa beraktivitas dengan nyaman maka tubuh harus sehat. Aksi Sehat Ceria bisa kamu terapkan saat traveling dan jangan lupa ikutan lomba blognya juga yaa.

Lomba Blog #AksiSehatCeria

DokterSehat juga bagi-bagi hadiah uang tunai total senilai jutaan rupiah lho!

Caranya, ikutan lomba blog #AksiSehatCeria – tulis artikel di blogmu tentang gaya hidup sehat. Boleh pengalaman atau opini kamu, bebas!

Terus submit tulisan kamu ke sini sebelum tanggal 16 Oktober 2018.

Info selengkapnya klik aja https://doktersehat.com/blogsehatceria yaa.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *