Aku Nggak Mau Anyang-Anyangan Saat Traveling!

Pernah nggak kamu ngalami anyang-anyangan saat traveling. Rasanya nggak enak dan nggak nyaman banget kan? Kata orang-orang tua ayang-anyangan itu disebabkan karena kita suka menahan pipis. Hemmmp. Iya sih, aku akui, kalau pas traveling aku biasa begitu. Abisnya, kebanyakan toilet umum jorok.

Apalagi di area tempat wisata gitu. Ihhh…! Jarang banget ada yang bersih apalagi wangi. Jangankan mau jongkok, masuk aja udah pengen pingsan. Aku orangnya pilih-pilih kalau mau nongkrong. Kalau kamu gimana? Tapi gara-gara pilih-pilih aku malah anyang-anyangan. Travelingku jadi nggak nyaman. Gara-gara anyang-anyangan aku pun jadi sering kebelet pipis tapi pas ketemu toilet malah gak bisa pipis dengan lega. Geram kan? Serba salah.

Kata dr. Boy Abidin SpOG Anyang-anyangan itu adalah pertanda dari Infeksi saluran kemih

Bahaya nggak sih kalau kena ISK (Infeksi Saluran Kemih)? Meski merasa tak nyaman saat anyang-anyangan, aku justru menganggap hal itu lumprah dan tidak bahaya. Setelah aku ikut talkshow dengan pembicara dr Boy Abidin SpOG, aku jadi tahu kalau ISK itu bahaya. Pasalnya bisa merembet kemana-mana dan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih berulang. Duhh, dugaanku salah banget dan ngawur!

Kata dokter Boy, cewek itu paling banyak dan paling rentan terkena ISK dari pada cowok. Sebab, saluran kencing wanita lebih pendek daripada pria. Coba deh tengok pelajaran biologi saat sekolah dulu. Pasti udah pernah dijelaskan sama guru biologi kalian.

Makanya, sekarang aku pun berhati-hati banget biar nggak terkena ISK. Terutama melakukan beberapa hal agar tidak terkena ISK saat traveling seperti menjaga kebersihan saat setelah buang air kecil. Jika air toiletnya kotor, aku biasa menggunakan air mineral untuk cebok. Membawa celana dalam yang banyak agar tidak kehabisan saat traveling. Minum air mineral 2-3 liter per hari, biarpun sedang jalan-jalan persediaan air mineral harus tetap ada. Untuk menakarnya, aku membawa tumbler ukuran 1L.

Minum ekstrak cranberry pun menjadi solusi pencegahan terkena anyang-anyangan

uricran

Selain menjaga kebersihan seperti yang disarankan oleh dokter Boy. Aku juga memilih minum ektrak cranberry untuk pencegahan. Daripada minum suplemen yang menyebabkan efek samping, aku memilih minum uricran. Selain mengandung ekstrak cranberry uricran juga mengandung vitamin c.

Uricran punya 2 varian, berbentuk tablet dan bubuk. Aku lebih suka minum yang berbentuk bubuk. Tinggal diseduh pada segelas air dan kita bisa langsung minum. Rasanya pun manis dan aku suka. Kalau pas traveling aku suka bawa yang bubuk karena praktis dan biasanya aku menyeduh pada air mineral ukuran gelas, gitu.

Rasanya kapok sudah terkena anyang-anyangan pas traveling itu. Udah susah cari toilet saat pengen pipis, setelah dapat nggak bisa lega. Kan bingung jadinya. Serba salah deh.

Nah, kamu sendiri pernah nggak sih ngalamin anyang-anyangan pas traveling? Atau sering buang air kecil gitu? Share pengalaman kalian di bawah ya! Sekian curhatanku. Semoga kamu nggak bosan ya!

Share This:

4 thoughts on “Aku Nggak Mau Anyang-Anyangan Saat Traveling!”

  1. Nah aku juga milih yg bubuk..Krn aku g bisa minum tablet cm dg air..hihi… Semoga g anyang2en lagi ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *