Cek Powerbankmu! Jangan Dibawa Jika Dirasa Kurang Bermanfaat!

Pernah nggak sih kalian merasakan gimana susahnya cari jalan di sebuah tempat, tapi smartphone kamu lowbat? Rasanya hal ini nggak terjadi padaku saja. Gila, berasa pengen tereak sekenceng-kencengnya tauk!

Mengumpat sejadi-jadinya. Itu yang aku lakukan. Meskipun sebelum berangkat sudah prepare tetep aja kejadian tersebut sering menimpaku. Padahal beberapa strategi sudah aku lakukan. Kurang lebih begini:

Mengisi penuh smartphone yang aku bawa sebelum berangkat

Nggak perlu ditanya lagi, sebelum berangkat ke stasiun atau ke bandara smartphone selalu full baterai. Ini bekal buatku untuk memesan ojek online atau senjata untuk mengusir sepi saat pesawat delay atau menunggu kereta (tapi jarang sih).

Tapi, di ruang tunggu pun aku selalu mencari tempat duduk yang dekat dengan tempat charger. Alih-alih sambil mengisi daya. Lumayan kan bisa terisi satu atau dua persen.

Jangan sampai lengah! Kontrol setiap saat baterai smartphone, ada colokan, usahakan nyolok!

Saat mau jalan-jalan pun aku selalu mencari sumber listrik. Di hotel sekalipun, aku selalu berusaha mengisi penuh semua peragkat elektronik yang aku bawa seperti smartphone, lapton dan kamera.

Baterai dari salah satu benda itu habis, bisa pusing! Baterai laptop habis, kerjaan kantor bisa terbengkalai (kerja apa jalan-jalan?) Yaa beginilah nasib orang yang menganut prinsip kerja nggak harus ngantor. Kemana pun tetep bisa kerja dan nggak boleh protes apalagi ngeluh. Kerjaan kudu kelar tanpa ada ampun, meskipun sedang ada di planet namex!

Baterai kamera abis? Duhhh, bisa hancur dunia persilatan. Percuma dong dolan jauh kalau nggak ada bukti berupa foto? Penting ini, buat bisa pamer di instagram. Haha. Bukankah kalian pun begitu? Ngaku!

Nah benda paling penting yang nggak boleh habis baterainya adalah *drum roll* smartphone! Gila aja, jalan tanpa benda itu! Mau apa? Bukan hambar lagi, tapi mati gaya! Pertama kita perlu pesan ojek online buat jalan, menghubungi teman buat dipalakin #eh, maksudnya diajak nongkrong. Yang paling penting adalah buat cari lokasi destinasi. Haha. Google maps berasa jadi teman paling penting.

Terus kalau misalkan baterai smartphone kita habis pas dijalan, apesnya pas nyari alamat gitu. Duhh, bisa ngakak sambil guling-guling kemudian kejang-kejang. Tanya orang? Kalau aku sih agak kurang percaya yaa! Maklum kadang aku sedikit parno ngobrol sama orang yang nggak dikenal.

Bawa powebank itu sudah pasti, tapi seberapa kuat kapasitas powebankmu?

Nggak usah kalian suruh aku buat bawa powerbank! Barang penting itu pasti nggak pernah ketinggalan. Aku pun menyediakan 2 charger untuk mengisi daya smartphone dan powerbank milikku.

Aku hanya punya powerbank dengan kapasitas 1.000 mAh. Sudah bagus itu nggak bocor. Paling tidak bisa 2 kali charge-lah. Alat ini membantu banget di saat baterai smartphone habis. Tapi yang namanya di jalan, kita nggak tahu apa yang akan terjadi nantinya.

Padahal kalau sudah di jalan. Kadang susah banget nemu sumber listrik untuk mengisi daya smartphone. Belum lagi ada panggilan dadak dari kantor untuk memberesi beberapa kerjaan dan di saat itu baterai laptop pun ikutan habis (eh, tapi kan powerbankku nggak bisa buat charge laptop). Mau nunda-nunda kerjaan? Bisa-bisa bayaran telat cair nggak bisa balik dong. Haha

Kadang temen-temenku bilang. “Udah, mending lu bawa accu aja, dikit-dikit ngeluh, baterai abis, powerbank abis” kali aja gitu ada powerbank yang nggak abal-abal dengan kapasitas tinggi dan murah. Udah deh langsung aku tembak “Mau nggak nemeni aku traveling?”

Mungkin bisa coba milih Vivo Powelite dan Vivan Big Bank deh!

Masalah utamanya memang ada pada di powerbank. Saat itu juga aku mencari refrensi tentang powerbank kapastas besar di pricebook, ya sapa tau dapat yang pas di kantong dengak spek yang kece. Dapatlah produk bernama Vivo Powerlite dan Vivan Big Bank dengan kapasitas 20.800 mAh dan 62.400 mAh. Wew, gede juga yaa kapasitasnya. Katannya powebank ini bisa buat nge-charge laptop. Wuih, bisa makin lancar jaya nih kerjaan.

Spesifikasi dari powerbank Powerlite adalah punya ukuran 6,3 x 2,57 x 2,6 inci dengan 1 input type C 5V/3A dan 3 Output dengan fitur quick charge dengan output 220v/ 85W (AC). Wah bisa dipake buat ngisi-ngisi yang lain dengan maksimal arus 220v/85W seperti kipas angin gitu. Gimana? Traveling, sabil bawa kipas angin? Biar nggak gerah. Hahah.

nah, kalau VIVAN BIG BANK ini adalah line up produk VIVAN dengan kapasitas terbesar yaitu 62.400 mAh. Powerbank ini dilengkapi oleh baterai Lithium-Ion. Kalau yang ini punya input 12-20 V. 42 W. Baterai ini punya input 42 W outputnya. Sepertinya kudu punya benda satu ini deh biar travelingku nggak semata-mata cari colokan dan tempat nongkrong untuk sekedar nyari wifi gratis.

VIVAN ini ternyata dilengkapi dengan teknologi Autoamtic IC yang bisa menyesaikan dengan perangkat kita. Semuanya bisa dicharge. Tapi, untuk meng-ngechecarge badan bisa nggak ya? Kan lumayan, badan bisa nggak terasa capek gitu.

***

Kalau aku sih amannya memang kudu bawa bawa powerbank. Dari pada jalan-jalan ngak tenang dan pikirannya carut marut lantaran cari colokan, yee kan?

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *