12 Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah

Kereta api merupakan salah satu pilihan alat transportasi umum yang bisa digunakan masyarakat untuk berpergian keberbagai daerah yang ada di Indonesia. Semakin majunya pertumbuhan teknologi seperti sekarang ini masyarakat dipermudah dalam pembelian tiket kereta api secara online.

Dulu untuk beli tiket saja kalian harus ntri di loket dan jika kalian terlambat sedikit bisa ketinggalan kereta. Selain waktu yang dibutuhkan untuk membeli tiket lebih banyak, tenaga yang diperlukan juga lebih banyak. Dan masih banyak lagi kendala yang bisa dialami calon penumpang pembelian tiket secara langsung.

Munculnya sistem online, pemesanan tiket kini jadi lebih gampang!

Dengan kemunculan sistem online tersebut memudahkan kalian membeli tiket di situs jual beli online. Kalian bisa membelinya kapan saja dan di mana saja. Tenaga yang kalian perlukan juga tidak banyak, karena dalam pembelian tiket bisa dilakukan hanya dari rumah ataupun tempat lainnya.

Secara tidak langsung memang lebih menguntungkan dari pada pembelian tiket offline. Berbagai cara dalam pembelian tiket online bisa dilakukan salah satunya melalui website KAI resmi yang telah dapat diakses dengan mudah.

Dalam hal ini kalian bisa menentukan sendiri keinginan mau di kelas apa, tujuan mana, keberangkatan jam berapa dan lainnya. Berikut ini langkah-langkah pembelian tiket kereta melalui website, antara lain:

  1. Pertama kalian bisa membuka situs terlebih dahulu, kemudian akan muncul seperti halnya form yang harus diisi dengan data diri.
  2. Kalian dapat menentukan tanggal keberangkatan pada kolom keberangkatan. Kelebihan dari pembelian secara online yaitu seseorang bisa melihat tiket yang sudah muncul dari 4 bulan sebelum keberangkatan. Jadi tidak ada usah khawatir kehabisan tiket seperti yang sering terjadi pada pembelian secara offline.
  3. Selanjutnya kalian bisa menentukan stasiun keberangkatan, dalam satu daerah biasanya terdapat beberapa stasiun pemberhentian kereta. Misalnya saja Jogjakarta, daerah tersebut mempunyai lebih dari 5 stasiun kereta api. Pilih saja yang sekiranya akses jalan lebih cepat, mudah dan gampang.
  4. Selain dapat menentukan stasiun keberangkatan saat pembelian tiket kereta api online juga dapat menentukan sendiri stasiun yang akan menjadi tujuan.
  5. Kemudian isi kategori penumpang misalnya anak-anak atau dewasa, tetapi untuk anak dibawah 3 tahun biasanya infant.
  6. Dalam satu hari ada beberapa jadwal kereta api tujuan yang sama tetapi terkadang menggunakan jenis kereta yang berbeda. Untuk ini kalian juga dapat menentukan sendiri, sesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan kalian.
  7. Lalu melihat kelas kereta api dari yang ekonomi sampai executive, umumnya kalau tiket masih tersedia dalam sebelah kolom akan tertera tulisan booking, tetapi jika sudah penuh akan tertulis habis.
  8. Lengkapi semua data diri tersebut sesuai dengan keinginan kalian, setelah semuanya selesai klik pada kolom selanjutnya.
  9. Jika ada keinginan untuk pindah kelas atau memilih kursi sendiri bisa diklik bagian pindah, disitu biasanya akan tertera nomor kursi yang bisa dipilih. Biasanya kursi yang masih berwarna abu-abu itu tandanya masih tersedia tetapi jika kursi berwarna merah biasanya sudah terisi.
  10. Kalian juga bisa menentukan  sistem pembayaran yang diinginkan, beberapa tempat umum bisa menerima pembayaran untuk pembelian tiket tersebut, kok.
  11. Sebelumnya kalian juga akan diberi informasi terlebih dahulu mengenai maksimal pembayaran yang akan dilakukan, jika sampai pada waktu yang ditentukan tidak membayar sesuai dengan sistem maka tiket dibuka lagi untuk orang lain.
  12. Dalam pembelian tiket kereta api online umumnya semua informasi dan komunikasi melalui email, jadi pastikan kalian selalu mengecek email selama pembelian tiket itu berlangsung.

Nah demikian cara mendapatkan tiket kereta api murah dengan cara cepat. Buat kalian yang baru saja ingin berpergiam makan info ini sangatalah penting lho! Jika kalian beruntung, kalian bisa memasukkan kode voucer promo dan mendapatkan potongan tiket lagi lho.

Share This:

5 thoughts on “12 Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah

  1. Kereta api online ini sangat sangat useful.
    Di jaman gini ga paham lagi gimana kalau harus antri2 kayak jaman dahulu 😀

  2. Saya juga suka beli tiket kereta api secara online. Biasanya saya belinya di supermarket, tinggal menunjukan ktp saja.bpelayannya sudah hafal dengan wajah ganteng saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *