Muara Gembong, Tempat Wisata Alam Bekasi dengan Panorama Menawan

Siapa bilang Bekasi hanya wilayah kota tanpa tempat wisata alam yang luas? Nyatanya, ada tempat wisata Muara Gembong di Kabupaten Bekasi. Muara Gembong sendiri merupakan nama sebuah kecamatan dengan enam kelurahan yang terletak di ujung utara Kabupaten Bekasi, berbatasan langsung dengan Teluk Jakarta pada bagian barat dan Kabupaten Karawang pada bagian timur.

Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Bekasi—sekitar dua jam berkendara—tetapi kalian tidak akan menyesal kalau berkunjung ke sini. Pasalnya, wisata alam ini merupakan gabungan antara wisata hutan bakau yang asri dan wisata pantai dengan panorama mengagumkan. Kalian dapat berkunjung ke tempat ini ketika libur lebaran bersama pasangan, teman, keluarga, dan juga mengajak anak-anak.

Hutan Mangrove Muara Gembong

Hutan mangrove di area ini termasuk ke dalam area Hutan Lindung Ujung Krawang. Terdapat sedikitnya 23 jenis mangrove sejati tumbuh di hutan ini; yang paling banyak adalah jenis api-api (Avicenna) dan bakau (Rhizopora).

Sumber

Hutan ini tidak hanya menjadi habitat bagi tumbuhan-tumbuhan tersebut, tetapi juga hewan-hewan, khususnya burung. Ada sekitar 158 jenis burung yang tinggal di hutan ini, termasuk 7 jenis endemik. Selain burung, tinggal juga lutung jawa di area tersebut.

Soal panorama Hutan Mangrove Muara Gembong, kalian tak akan kecewa. Menyusuri hutan yang lebat dengan naik perahu sampan, kalian dapat merasakan seolah berada di hutan Kalimantan. Padahal, kalian sebenarnya hanya sekitar 50 km jauhnya dari pusat Kota Bekasi. Menarik, bukan?

Pantai Muara Beting

Di kawasan Muara Gembong, terdapat beberapa pantai. Salah satunya adalah Pantai Muara Beting yang terletak di Desa Pantai Bahagia. Selain memiliki panorama pantai dengan hutan mangrove yang menawan hati, pantai ini juga telah memiliki fasilitas pendukung yang membuat pengunjung merasa nyaman seperti kamar mandi, kamar ganti, dan tempat parkir.

Sumber

Pantai satu ini landai dan teduh. Sekitar bulan September sampai Februari setiap tahunnya, burung-burung bermigrasi dari Laut Cina Selatan menuju hutan di Muara Gembong. Kalau beruntung, kalian dapat menyaksikan pemandangan burung bermigrasi tersebut dari Pantai Muara Beting ini.

Pantai Muara Beting tidak terlalu ramai sehingga cocok untuk kalian yang ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota. Tempat ini juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan. Setelah kalian lelah berenang atau berjalan-jalan sepanjang pantai, kalian dapat menuju rumah makan yang ada di area pantai dan menikmati makanan laut.

Transportasi dan Penginapan

Untuk menuju lokasi, alat tranportasi paling nyaman adalah menggunakan mobil pribadi atau sewa. Akses jalan cukup lebar dan dapat dilalui mobil sampai ke tempat parkir pantainya. Dari arah pusat Kota Bekasi, rute yang perlu dilewati adalah Bekasi – Ganda Agung – Sriamur Babelan – Muara Gembong – Pantai Muara Beting.

Untuk penginapannya, kalian dapat menemukan penginapan dengan rentang tarif lebar, mulai dari yang mahal sampai hotel murah di Bekasi. Khusus untuk kalian yang ingin penginapan murah, jangan membuang waktu meneliti satu-satu dari banyak pilihan yang ada. Pilih yang tempatnya mudah ditemukan dan jaringannya luas seperti Airy Rooms.

Sumber

Untuk memesan kamar di Airy Rooms, kalian bisa melakukannya jauh-jauh hari melalui aplikasi atau situsnya. Begitu pembayaran dilakukan melalui Indomaret, transfer rekening, atau kartu kredit, pemesanan kamar kalian selesai.

Begitu tiba waktunya liburan, kalian dapat langsung check in dan menempati kamar bersih dan ber-AC. Selama tinggal di hotel, kalian pun tak akan bosan dengan adanya sambungan internet dan siaran TV. Kamar mandi modern dan air minum telah ada di kamar kalian.

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

4 Comments


  1. // Reply

    Emang keren itu pantainya, cocok buat tenangkan pikiran dari kemacetan di kota hehehe


  2. // Reply

    Baru tau Bekasi juga punya obyek wisata alam, kak. Berarti Bekasi itu luas ya, sampai harus 2 jam berkendara dari pusat kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *