Aksi Monyet Ini Mengocok Perut Pengunjung Goa Kreo

, , ,

Goa Kreo Semarang adalah salah satu destinasi yang menyimpan cerita sejarah yang wajib dikunjungi. Selain sejarahnya dan legendanya tempat ini pun dihuni oleh ratusan kera. Mungkin kalian akan teringat Sangeh kalau kalian datang ke sini. Konon kera di Goa Kreo adalah kera yang berjasa menolong Sunan Kalijaga.

***

Meskipun saya sudah berberapa kali datang ke Kreo kali ini ada yang beda dengan kedatangan saya. Selain saya datang bersama teman-teman blogger nasional yang dikawal dengan mobil polisi wisata ada sebuah atraksi yang berbeda yang saya lihat siang itu.

keluarga kera yang unyu-unyu

Entah karena ini adalah sebuah kunjungan khusus atau memang atraksi seperti ini selalu ada. Saya sebagai pengunjung sih, menikmati saja meski terik matahari tak sungkan menyengat sebagian kulit saya yang tidak tertutup kain.

Atraksi ini lebih tepat kalau di kasih nama “panjat pinang kera”

Ini area panjat pinang monyet
ini sih baru dipasang

Saat saya dan teman-teman sampai di lokasi, seperti biasa kawanan kera sudah menyambut kami. Eits…!!! Simpan semua barang-barang ya! Kera di sini masih tergolong ramah dengan pengunjung kok. Rasanya kalian nggak perlu deh menyimpan semua barang berharga.

Mau Tamasya ke Brown Canyon? Pikir-pikir Lagi, Deh!

Mereka nggak akan mengambilnya kok! Tapi mereka akan mengepung kalau kalian membawa makanan. Lebih baik jangan membawanya kalau nggak mau berebut dengan mereka.

Kami berkumpul di sebuah halaman yang sudah ramai dengan beberapa petugas dan anak-anak yang memegang seutas tali yang berikat pada sebuah bambu. Awalya saya nggak ngerti dengan konsep ini. Tapi setelah semuanya siap barulah saya mengerti kalau tali-tali yang dipegang oleh petugas adalah untuk membantu mendirikan bilah bambu.

Tali-tali itu nantinya akan diikat di beberapa sisi agar bambu dapat berdiri tegak. Pada bambu dan tali itu ada beberapa makanan dan minuman yang disukai oleh kera-kera itu lho. Dalam hati saya berfikir “Kok makananya mirip makanan kesukaan saya?” Mungkin hanya masalah selera saja!

Ternyata kera-kera itu juga punya sifat bossy juga ya!

Setelah bilah bambu berdiri, sebagian kera-kera itu datang mendekati makanan itu. Mau apa lagi kalau nggak mau ambil makanan? Ada beberapa tingkah lucu kera yang bikin saya dan teman-teman ngakak tanpa henti. Kawanan kera yang bertubuh kurus naik memanjat tali dan bilah bambu untuk mengambil makanan mereka.

like a boss
santai-santai manjah sambil nunggu makanan jatuh dari langit

Tapi, ada yang aneh di sini! Beberapa kera yang bertubuh gempal malah asik goleran di pingir sambil melihat teman-temannya memanjat makanan tersebut. “Like a boss!”

Ya, ternyata benar! Setelah kera kecil berhasil mendapatkan makanan, kera bertubauh gempal segera menghampiri dan menganbil makanan itu. Aduh si bos! Enak banget hidup lo tinggal nyuruh! Hahaha.

Ada juga yang mager pacaran di pojokan

gak tau nih mereka lagi ngapain?

“Buahaha! Ngapaen lu tong di situ?” Salah satu teman saya berteriak kenceng saat melihat dua ekor kera sedang berbelukan di atas tali yang tebentang itu. Teriakan itu, disusul dengan gelak tawa kami dan beberapa komentar jorok bermunculan.

Yang lain pada sibuk mencari makan eh, dia malah enak-enakan mojok. Benar-benar jadi tontonan seru siang itu.

Ayo berpesta!

tarik mang….!

Semua makanan yang berhasil dia dapatkan dibuka dan di sebar dari atas, lalu yang di bawah layaknya hujan makan, mereka pun menyerbu! Tak ketinggalan si bos yang bertubuh gempal.

Setelah kenyang, mereka pun berpose dibawah pohon dengan menunjukkan bagian tubuhnya yang seksi. Pose yang kayak gini yang biki para wisatawan jadi gemas untuk memotretnya.

Tingkah lucu lainnya adalah kera ini bisa buka tutup botol sendiri lho

Nah, seperti yang saya katakan di awal tadi jangan memawa makanan atau minuman kalau nggak mau berebut dengan si kera. Ini buktinya, salah satu kera akan merebut makanan atau minuman yang dibawa oleh pengunjung. Setelah dapat dia akan meminum atau memankannya seperti ini!

Gimana? Ngeselin kan?

Entah siapa yang ngajarin buat buka tutup botol minuman itu. Setelah dia berhasil mendapatkan apa yang dia mau, tanpa babibu tutup botol dibuka dan diminumlah seluruh isi botol itu. Uniknya lagi mereka tahu mana minuman enak dan berasa.

Kata si pawang sih, “Kalau air mineral dia sudah bosan mbak, sama kayak air di waduk.” Waduh! Kenapa bapaknya menyamakan air mineral itu sama kayak minuman di waduk ya? Lama-lama saya jadi tersinggung kalau berkunjung ke sana.

***

Duhh rasanya nggak ada habisnya ngomongin kera-kera di kawasan Kreo ini. Selain lucu dan pintar kadang mereka juga nyebelin. Udah kayak manusia aja yang sering berubah moodnya. Kadang baek, kadang menggemaskan, kadang juga menyebalkan.

Nah, kalau kalian ingin datang ke sana melihat kelucuan kera-kera di sana langsung saja intip peta di bawah ini!

 

 

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

15 Comments


  1. // Reply

    Wahahaha kelakuan kera-kera ini emang ngegemesin + was was ya kalo ngedeketin kita. Terusin cerita yang panjat pinang kera dong, seru kayaknya 😀


  2. // Reply

    bhahaha ngeselin yak…
    dah lama gak kesini, mainnya ke boyolali mulu


  3. // Reply

    Wah ini Semarang ya. Asyik banget dah lihat seperti ini. Di Lampung juga ada Mbak Taman Monyet


  4. // Reply

    Wahhh klo di daerah lain, klo udah di kepung monyet ekor panjang ini..ada yg sampe ngerebut atau narik2 plastik


  5. // Reply

    Ada yang seneng banget ngeliatin monyet cabul *lirik ke mb Pungky hahaha.
    Aku dimana ya saat itu? aku kelewatan adegan 18++ itu, ah sayang sekali. Muahahahaha


  6. // Reply

    Walaupun mereka lucu, sy lumayan takut sama kera2 begitu hehe
    Suka kaget klo tiba2 mereka nemplok di badan haha


  7. // Reply

    Waktu kunjungan ke Gua Kreo kurang lebih 1 tahun yang lalu, foto minum ku dirampas oleh beberapa ekor monyet. Sebenarnya sih tak mengapa tapi kagetnya itu bikin trauma hahaha…


    1. // Reply

      hahahah iya sih aku jg kadang serem liat mereka kalo udah mulai geram. hahahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *