Quote Bijak Untuk Perjalanan yang Asik!

Happy weekend semuanya. Duh, lama nggak ngoceh di sini rasanya jadi kangen. Resiko jadi orang sok sibuk, nih! #toyorpalasendiri. Mau gimana lagi? Saya juga lagi menata jadwal yang korat-karit. Banyak keinginan yang mesti dicapai dan semua sudah masuk dalam bucketlist (kok kayak filmnya….). Pokokmen gitu!

srimuno forte
Ayooo piknik!

Kali ini saya mau menuliskan 3 Quote perjalanan, eh bukan perjalanan. Tapi quote yang menginspirasi perjalanan saya. Apalagi kalau bukan perjalanan traveling saya. Yah, meski jarang piknik juga sih! Harusnya nih tulisan ini publish di minggu ke tiga bulan maret. Tapi berhubung sok sibuknya gak ketulungan jadi telat gak apa-apa kali ya!

Quote pertama :

“Gak ada yang namanya nyasar, yang ada Kamu pergi ke tempat yang belum pernah Kamu kunjungi”

Quote perjalanan pertama saya dapatkan ketika saya membaca buku antologi  “The Journeys 3” pada cerita Alexander Tian. Soal nyasar. Istilah itu memang benar, ketika traveling nyasar itu bukanlah suatu masalah besar. Banyak sekali pelajaran yang kita temui ketika “nyasar” seperti halnya menemukan tempat baru atau cerita-cerita lainnya.

Semua bisa dikemas menarik bila kita bisa mengambil hikmahnya. Bukan BT yang berkepanjangan. Kalau pada saat nyasar Kamu sudah merasa BT. Sudah saya pastikan Kamu bukan traveler sejati. Percuma Kamu buang uangmu buat pergi traveling kalau tak bisa menikmatinya. Tidur aja sana di rumah!

Insiden hampir kena jambret pun pernah saya alami bersama teman saya saat nyasar di Vietnam. Terus terang bukan BT yang kami rasakan melainkan was-was dan takut. Tapi setelah semua aman kami malah terkekeh mengingat kejadian tersebut.

Quote ke dua:

“Mandi hanyalah ilusi kesegaran, nggak perlu mandi cukup merasa segar”

Kali ini saya tak berniat mengajarkan kalian berjorok ria untuk tidak mandi. Tapi bagaimana kita bisa menyikapi keadaan saat kita tidak bisa mandi di tempat umum. Mandi itu perlu! Tapi di saat situasi yang tidak memungkinkan untuk mandi apa yang Kamu lakukan? Yaudah cukup merasa segar saja (silahkan kalau mau toyor kepala gue). Hahaha.

Saya pernah nggak mandi hampir dua hari saat trip ke Vietnam. Gimana mau mandi? Wc di sana hanyalah tempat untuk buang air saja. Bukan tempat buat mandi. Mandi di hotel! Iya, saya mandi kok kalau pas di hotel, tapi selama hampir 2 hari kami tidak sewa hotel karena pindah ke kota lain dan tidur di slepeer bus. Mungkin saja kalau kami niat buat cari kamar mandi umum pun ketemu. Tapi karena kami saking asiknya jalan. Jaudah cukup merasa segar saja itu sudah cukup. Toh nanti di rumah bisa mandi dan berendam sepuasnya.

Quote ke tiga :

“Traveller Sejati – tak pernah komplain dengan apa yang ia temukan dalam perjalanan.

Traveller sejati tidak pernah mempersoalkan makanan, udara atau suasana di mana ia berada dengan kondisi kampung halamannya.

Traveller sejati akan menikmati segala yang ia temui dalam perjalanan sebagai bagian dari pembelajaran kehidupan.”

Quote bijak ini saya kutip langsung dari facebook seorang travel blogger bang Indara Pradya pemilik akun duniaindra.com. Apa yang dikatakan bang Indra itu benar. Kalau Kamu masih kompalin saat menemukan sesuatu yang tidak sesuai denganmu maka Kamu bukan traveler sejati. Gak suka sama makanan di tempat Kamu ngetrip gak perlu ambil pusing! Kalau kata saya “Gak usah makan!”

Terkadang saya gemas, dengan para manusia yang merasa banyak ngeluh saat ngetrip. Rasanya pengen masukin ke karung lalu ditinggal. Hahaha. Kejam! Yaudah nikamatin aja apa yang ada di depan matamu. Ketemu jalan yang kurang sesuai ngeluh, makan gak sesuai ngeluh, udara nggak sesuai ngeluh lagi. Dari pada banyak ngeluh mending tidur di rumah!

***

Udah ah, sepertinya cukup tiga aja. Intinya adalah apapun yang ada, jika kita bisa menikmatinya maka semua itu akan terasa enjoy.

 ___________________

Tulisan ini dibuat untuk #nhclnulis bulan Maret 2017. Tema bulan Februari dari #pejalansemenjana adalah “3 kutipan yang mewarnai kisah hidup”.

[#nhclnulis adalah proyek iseng sekelompok ‘zat kimia’ untuk ngomongin hal – hal yang serba #3 dari tema yang diangkat. Setiap bulan, berdasarkan tema yang sudah ditentukan di minggu 1, masing – masing akan membuat 1 tulisan, lalu diposting di blog atau instagram pada minggu ke-3. Temanya ditentukan sendiri bergantian oleh para ‘zat kimia’.]

[Tulisan para zat kimia lainnya di #nhclnulis bulan Maret 2017 bisa diliat di blog @ngobrolinjejak, @jemzamanda, @aTIKa, dan @echienabila]

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

14 Comments


  1. // Reply

    Aku tuh suka bete kalo nyasar, harusnya anggap aja mengunjungi tempat yang tak direncanakan yaa


  2. // Reply

    wah, kita se ‘zat kimia’ neh…
    suka banget quote2nya…

    ijin nyontek quote2 bagus di atas buat tulisan ntarsok dengan angle pengalaman sendiri boleh yaaa..
    *ijinpaksa :p

    BW minggu pagi dari ujung timur Lombok yang cerah.


  3. // Reply

    “gak ada yang namanya nyasar”
    kalau sudah ada tujuan, tapi gak nyampe nyampe juga itu lebih tepat disebut “nyasar” sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *