Puluhan Traktor Hias Pada Festival Panen Padi Lampung Timur

Festival Panen Padi Lampung Timur 2017 yang diselenggarakan di lapangan Desa Raman Utara, Lampung Timur pada tanggal 2 Maret 2017 lalu terlihat rame dan meriah. Seluruh masyarakat keluar memenuhi tanah lapang tersebut. Tak memandang anak-anak ataupun orang dewasa, mereka nampak riang dalam acara Festival Panen Padi.

Festival Panen Padi Lampung Timur
Peserta karnaval anak-anak pada festival padi Lampung Timur

Tak peduli siang itu matahari sedang memperlihatkan kegagahannya, namun semangat tetap semangat dalam serangkaian acara tersebut. Ditambah lagi hasil panen mereka yang sedang melimpah tahun ini. Dalam festival padi tahun ini banyak sekali serangkaian acara di dalamnya, salah satunya adalah traktor hias.

***

Perjalanan jauh pun saya tempuh sebelum pada akhirnya tiba di desa Raman Utara. Berangkat dari Semarang menumpangi kereta ekonomi dengan tujuan akhir stasiun Pasar Senen yang kemudian saya lanjutkan ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan taksi online di pagi buta dan terbang ke Lampung sebelum matahari bersinar terik di atas kepala.

Rasa capek lantaran rute perjalanan yang saya tempuh bersama mb Dedew membuat mood saya sedikit anjlok. Belum lagi rasa lengket di badan karena belum mandi sejak sore ketika meniggalkan kota Semarang. Dengan menumpangi Inova yang dikemudikan oleh om Yopi, kami meninggalkan Bandara Radin Inten II dan melaju pesat menerjang jalan beraspal untuk menuju kota Metro dan menghentikan perjalanan di Raman Utara.

Festival Panen Padi Lampung Timur
Mb Dedew Sedang berpose di sebelah traktor hias
Festival Panen Padi Lampung Timur
Kak Indah sedang berfoto bersama peserta karnaval anak-anak

Sesampainya kami di sana, rupanya sudah banyak sekali para warga yang berkumpul di lapangan Raman Utara untuk menyaksikan acara Festival Panen Padi Lampung Timur 2017. Sementara itu, banyak sekali stand UMKM yang berjajar di kawasan tersebut.

Festival Panen Padi Lampung Timur
salah satu stand UMKM

Tak luput dari pandangan saya, banyak sekali traktor hias di sekitar lapangan. Setelah Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim memberikan sambutan, tak ketinggalan pula Gubernur Lampung Bapak Ridho Ficardo turut memberikan sambutan. Beberapa tarian pun ditampilkan oleh para siswi Lampung Timur. Teriknya matahari yang bersinar seolah terabaikan.

Festival Panen Padi Lampung Timur
Tarian Pemuka pada Festival Panen Padi
Festival Panen Padi Lampung Timur
Tari Krease numbuk padi

Lampung Timur Penuh Pesona, keindahan alam dan budayanya berhasil menghipnotis saya sebagai wisatawan. Apalagi salah satu destinasi wisatanya menjadi tempat pembuatan film Trinity The Nekad Traveler. Destinasi wisata tersebut tak lain adalah way kambas yang memikat wisatawan dengan keindahan gajah Lampung Timur.

Kemeriahan Festival Panen Padi diselenggarakan untuk mengucap rasa syukur kepada Tuhan karena hasil panen yang melimpah. Acara tersebut pun diramaikan oleh karnaval traktor hias. Traktor milik petani ini nampak istimewa lantaran penuh hiasan berupa hasil panen mereka seperti jagung, padi dan beberapa sayuran lainnya. Selain itu ada pula lomba lesung yang tak kalah meriah.

Festival Panen Padi Lampung Timur
Traktor Hias

Melihat antusias warga dalam memeriahkan Festival Panen Padi Lampung Timur  tersebut kami pun tak mau kalah. Selain mengabadikan beberapa moment yang ada di lapangan Raman Utara salah satu diantara kami pun ada yang mencoba naik ke atas traktor hias tersebut.

foto bersama Bupati Lampung Timur dan Gubernur Lampung

Festival panen padi ini memiliki nilai positif untuk mendobrak pariwisata di Lampung Timur. Hanya saja tingkat promosi yang dilakukan agak sedikit kurang. Harapannya festival padi ini terus dilakukan setiap tahun sekali agar dapat menarik wisatawan untuk datang ke Lampung Timur.

Setelah festival panen padi usai, kami pun mengajak Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Gubernur Lampung Bapak Ridho Ficardo untuk foto bersama sebagai dokumentasi. Beliau pun turut senang berpose bersama kami.

Share This:

5 thoughts on “Puluhan Traktor Hias Pada Festival Panen Padi Lampung Timur

  1. Tante ama omku dan anaknya tinggal di Lampung, baru bapakku yang sempat kesana, seru juga ya di Lampung, apalagi pas ada acara kaya gini, Indonesia memang kaya akan budayanya yang unik dan beragam, bangga jadi warga negara Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *