3 Kudapan Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Coba!

Kuliner khas Surabaya selalu membuat penasaran setiap pengunjung yang datang. Tak ayal banyak wisatawan yang ingin mencicipi kudapan asli Surabaya. Hal demikian juga saya lakukan ketika saya datang ke Surabaya.

Menurut saya akan sangat menyesal bila saat saya berkunjung ke Surabaya dan melewatkan menyantap kuliner khas surabaya.

Dari sekian kuliner khas Surabaya, hanya ada 3 jenis kuliner yang wajib saya nikmati ketika datang ke Surabaya. Menurut saya, 3 kuliner ini berhasil memikat lidah saya untuk merasakannya dan selalu menjadi obat penawar rindu.

1.Rujak Cingur :

Pedas dan manis, mungkin itu merupakan salah satu ciri khas dari rujak. Dengan isian buah-buaan yang diiris kecil-kecil dan dicocol sambal yang berbahan dasar cabai dan gula merah. Tapi rujak yang satu ini, beda rasa gaes! Kalian akan menemukan berbagai macam sayuran dalam satu porsi rujak cingur. Satu porsi rujak cingur terdiri dari, lontong, sayur kangkung, mentimun, bengkuang, nanas, dan yang tak kalah ketinggalan adalah cingur atau lidah sapi.

kuliner khas surabaya

Haha. Soal rasa? Jangan ditanya deh, kalian akan ketgihan, karena semua bahan tersebut akan disiram dengan kuah bumbu yang dicampur dengan petis. Ini yang membuat beda rasa dari rujak cingur yang mungkin kalian temukan di daerah lain. Meskipun ngakunya Rujak cingur Surabaya, tapi kalau kalian belinya bukan di Surabaya, berarti bisa dikatakan rujak Cingur KW, bukan yang Ori, karena yang Ori hanya ada di Surabaya.

Baca Juga : Mencicipi Nasi Goreng Mbako di Temanggung

2.Lontong Balap :

Mendengarnya mungkin radak aneh. Ya, konon pada jaman dahulu ada seorang pedagang lontong degan cara dipikul. Karena berat membawa barang dagangannya, si pedagang tersebut membawa dagangannya agak sedikit berlari, seperti orang balapan. Nah, dari situlah tercetus nama lontong balap. Heheh.

kuliner khas Surabaya

Unik kan? Soal rasa? Soal rasa jangan ditanya yaaa! Kalian akan merasakan cita rasa Lontong Balap yang lezat dan khas hanya di Surabaya. Jangan mencarinya di tempat lain, karena kalian tak akan pernah menemukan kudapan seenak ini. Gak percaya? Coba aja sendiri!

3.Lontong Kupang : 

Pasti sebagian dari kalian ada yang tidak tahu apa itu kupang? Yeee, kan….! Ayoo ngaku…! Kupang itu sejenis hewan laut yang bentuknya mirip dengan kerang, tapi ukurannya lebih kecil dari kerang dan hidup di laut. Kira-kira seukuran 1 butir beras. Kupang, biasanya di dapat dari laut oleh masyarakat sekitar.

kuliner khas surabaya
photo from google

Kupang hasil tangkapan diolah menjadi sebuah kudapan yang lezat oleh masyarakat lokal, yaitu Lontong Kupang. Kalian dapat menjumpai pedagang lontong kupang di Surabaya, terutama di daerah Kenjeran atau Sidoarjo. Hemm…! Makan lontong kupang di pinggir pantai Kenjeran dan ditemani oleh sebuah es kelapa muda? Sungguh nikmat, gaes!

Oke, gais…! 3 kuliner khas Surabaya di atas, wajib kalian coba ketika datang ke Sana. Nggak nyoba? Kalian akan menyesal nantinya bila hanya membaca dan membayangkan rasanya saja.

Share This:

15 thoughts on “3 Kudapan Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Coba!

  1. Belom nyobain lontong balap sama lontong kupang. Gambarnya menggoda. Kalau ke surabaya harus masuk list buat diicip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *