Haruskah Ganti Dengan Mirrorless?

Traveling tanpa kamera itu berasa makan mie ayam tanpa mie, hahaha. Ada yang kurang gitu. Kamera adalah benda yang paling penting yang harus saya bawa ketika traveling. Alat tersebut sangat berguna untuk mengabadikan moment-moment penting ketika sedang berada di jalan atau di sebuah destinasi tujuan.

mirrorless
photo by Tristian Ardi

Namun, saat ini saya sedang dilanda kegalauan lantaran kamera yang saya miliki terkesan kurang praktis dan menambah beban bawaan saya. Lalu, beberapa teman saya menyarankan saya untuk membeli kamera mirrorless untuk mendukung perjalanan saya. Katanya sih kamera itu sangat cocok dibawa kemana-mana!

Selain bentuknya yang kecil dan simpel, kamera ini sangat ringan dibawa-bawa dan sangat mudah digunakan. Secara pintas bentuknya seperti kamera poket, tapi kelebihannya banyak sekali. Salah satunya adalah live view yang akurat. Kamera jenis ini kebanyakan tidak memiliki view finder dan pengguna pun harus menggunakan live view untuk membidik suatu obyek. Tapi, ukuran LCD yang digunakan lebih besar dan memiliki resolusi yang rapat. Tapi ada beberapa mirrorles yang disertai dengan Electronic View Finder, juga lho!

Adanya fitur fokus peaking yang dapat membantu apabila kita mematikan mode auto fokus pada lensa atau menggunakan lensa manual. Dengan fitur ini kita dapat dengan mudah menemukan fokus pada obyek yang kita bidik. Terlebih lagi bila kita menggunakan lensa yang tidak memiliki mounting yang sama dengan mounting pada body kamera mirrorless, maka fitur ini sangatlah membantu.

Fitur lain yang dimiliki kamera mirrorless ini adalah kemampuan sistem operasinya yang memungkinkan untuk melakukan editing di dalam kamera secara instan. Jadi, kita tak perlu repot untuk mengeditnya menggunakan photoshop.

Yang paling penting lagi adalah kamera ini dilengkapi dengan WIFI yang dapat kita koneksikan dengan ponsel. Jadi tak perlu repot dan ribet ketika kita mau upload foto traveling kita ke media sosial.

Setelah mencari-cari kelebihan tentang kamera mirrorless, maka saya pun mencari informasi mengenai harga di beberapa situsΒ Jual Kamera Online dan Kamera Mirrorless. Sapa tau ada yang cocok untuk dipesan dan dibawa jalan-jalan, yee kan?

Share This:

19 thoughts on “Haruskah Ganti Dengan Mirrorless?

  1. Banyak kata di atas yang nggak aku paham Mbak. Fokus peaking, dkk tapi emang keren banget ya kalau traveling didukung dengan kamera yang mumpuni. Sejauh ini aku masih puas sama kamera HP ku yang 5MP, Mbak. Tapi kalau ada rezeki aku juga pingiiiiin banget punya kamera macam gitu.

  2. Akuu… pengen banget Mirrorless… *ya Allah… kirimkanlah sebiji mirrorless paling canggih buatku* eh

    bini mupeng aja nih Mba MIya πŸ™

    Btw adikku kalau makan mie ayam juga ga pakai ayam, karena ga doyan daging. ehehehe *ga penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *