Ngeblog dan Traveling bersama Asus Netbook

Blogging adalah sebuah pekerjaan yang tak lepas dari alat yang bernama “Laptop” atau “Netbook”. Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap brand, terutama pada Asus netbook. Seiring perkembangan jaman yang makin canggih persaingan dagang di dunia IT semakin ketat dan pesat. Bayangkan saja, setiap tahun pasti ada brand yang mengeluarkan produk barunya dengan fitur yang canggih.

asus netbook

Berbicara mengenai komputer portable ini, pasti tak lepas membahas sebuah processor yang merupakan hardware sebuah alat tersebut. Para ahli di bidang komputer sepakat bahwa Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor merupakan sebuah perangkat keluaran intel seri core i yang begitu mengesankan. Susunan nehalem (baca : nama kode untuk sebuah arsitektur mikroprocessor INTEL) core i memiliki kelebihan dibandingkan intel keluaran terdahulu.

Tatanan nahalem pada perangkat ini merupakan sebuah gabungan beberapa komponen ke dalam prosesor. Pada produksi sebelumnya RAM berada di luar prosesor. Namun kali ini, RAM digabungkan dalam prosesor yang dipastikan bahwa data yang mengalir diantara keduanya akan semakin tinggi, sehingga mempengaruhi kecepatan kerja yang dilakukan oleh RAM. Penggabungan komponen lainnya adalah VGA yang mengakibatkan kinerja VGA jauh lebih baik dibandingkan VGA onboard jaman dulu. Dengan demikian Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor dapat dipastikan efisiensi yang dihasilkan akan lebih hemat.

Kelebihan lain core i adalah adanya sebuah teknologi HT (Hyper Threading). Teknologi ini merupakan teknologi yang memungkinkan prosesor bekerja secara maksimal, karena adanya dua atau lebih suatu inti yang ada dalam processor.

Cerita Travel Blogger Dengan Asus Netbook.

Traveling adalah hobi bagi saya, saking doyannya kelayapan saya berfikir untuk membagikan pengalaman saya pada saat traveling dengan cara ngeblog. Dalam isi blog saya menceritakan tentang pengalaman saya saat traveling, kadang juga sebuah informasi mengenai tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Ngeracuni pembaca biar ikut-ikutan traveling. Hehe.

asus netbook

Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang travel blogger. Nyenengin sih, pekerjaan yang saya saat ini. Gimana nggak? Kerjaannya nulis, jalan-jalan, nulis, jalan-jalan. Tak pernah ada bosannya. Awalnya saya hanya hanya nulis di blog pribadi yang saya lakukan apabila pulang dari traveling. Ya kali, masak traveling sambil bawa laptop yang segede gaban, belum lagi kamera SLR yang harus dibawa untuk dokumentasi berserta lensa-lensanya. Duh, itu berat banget! Pundak pasti terasa capek.

Seiring perjalanan saya menjadi blogger, pelan-pelan saya mendapatkan tawaran untuk menjadi seorang kontributor di beberapa majalah online mengisi rubik traveling. Wah, ini menyenangkan sekali! rupiah pun ikut mengalir, traveling tetap jalan dong pastinya. Tapi, yang bikin saya sedih adalah deadline yang diberikan untuk setiap artikelnya.

Lagi asik menikmati pemandangan alam, sambil melamun-lamun indah tiba-tiba, notifikasi whatsapp muncul.

“Jangan lupa deadline dua hari lagi!” Sebuah tulisan penuh misteri muncul dalam layar handphone.

Asus netbook

Ehh, gimana? Dua hari lagi? Sedangkan saya lagi ngetrip ke Bali dan baru balik dua hari lagi. Duh, pie iki? Sekejap mood saya berubah. Panik, lemes dan nggak doyan makan. Kalau udah kayak gini bingung semuanya. Mau nulis dimana? Pake hape pun berasa kurang mantap, cari warnet iya kali pas di kota ada warnet. Lah, kalau pas di pedalaman? Mau buru-buru balik tiket udah dibeli dengan jadwal pulang yang sudah ditentukan. Mau nggak mau memang harus bawa netbook yang bisa menunjang semua kebutuhan.

Kejadian tersebut menjadi sebuah pelajaran bagi saya, sampai pada akhirnya saya pun harus berkeluh kesah kepada ayah. Namun, seperti biasanya ayah hanya tersenyum sambil berkata “Sabar, ya!” Dalam hati saya hanya bisa berdoa, andai kata tabungan saya cukup untuk membeli netbook, saya ingin membelinya. Huft!

***

Mei lalu, sepulang saya traveling ke Vietnam, sekaligus merayakan ulang tahun di sana. Saya menemukan sebuah kardus coklat bertuliskan Asus di atas meja yang berada di sudut kamar. Tanpa pikir panjang, saya pun membuka kardus yang sudah tidak bersegel itu dan mendapatkan sebuah benda berbentuk kotak pipih berwarna putih. “Wahh…! Asus netbook” Teriak saya dari dalam kamar. Segera saya keluar dan mencari ayah yang sedang memberi makan burung ternaknya.

Asus netbook

Segera saya memeluk ayah dari belakang yang pura-pura tak tahu akan kedatangan saya. “Makasih ayah.”

Horee….! Akhirnya saya bisa menulis ketika saya sedang traveling. Asus Netbook pemberian ayah bertipe X200M berwana putih. Saya suka sama body-nya yang slim dan ringan. Jadi saya tak perlu merasa berat ketika traveling. Hehe, Mantap!

asus netbook

Saat saya curhat sama ayah, saya bilang pada beliau kalau saya pengen netbook yang modelnya tipis, ringan biar bisa dibawa kemana saja dan juga baterai-nya yang tahan lama. Ternyata Ayah saya paham dengan kebutuhan saya. Sekarang alat ini sangat membatu sekali bagi saya.

Andaikan Saya Punya Asus Netbook (ASUSPRO B8230), Untuk Menujang Kreativias.

Sifat dasar seorang manusia adalah tak pernah merasa puas. Setelah beberapa bulan, bersama Asus netbook pemberian ayah saya sudah senang senang. Namun makin kesini, mata udah mulai melirik barang baru. Selalu saja merasa kurang puas. Seperti yang saya katakan di awal, bahwa perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat cepat. Hampir setiap bulannya produk baru keluar dengan performa lebih canggih dari sebelumnya.

asus netbook

Kebutuhan saya ngeblog pun tak hanya menulis artikel dengan foto yang ditempelkan begitu saja. Upgrade diri, biar nggak ketinggalan sama yang lainnya. Dari mulai menulis artikel dan photography saya pun mengupgrade kreativitas saya ke dunia design grafis dan video. Kalian pastinya tahu, kalau software aplikasi untuk menunjang desain grafis dan video memiliki ukuran yang besar dan berat. Oleh karena itu pastinya butuh alat yang lebih canggih.

Nah, ASUSPRO ini merupakan sebuah produk pada segmen profesional. ASUSPRO B8230 mempunyai desain yang kecil dan ramping. Dengan layarnya yang berukuran 12 inci, cocok sekali untuk travel blogger yang kegiatannya jalan-jalan sambil nulis, atau mengerjakan kagiatan lainnya, seperti edit video, misalnya.

Netbook ASUSPRO ini sudah dilengkapi dengan Sistem Operasi Windows 1o. Selain itu, ASUSPRO B8230 memiliki fitur ASUS Business Manager, ini fungsinya agar user dapat melakukan beberapa pengaturan untuk memperbaharui BIOS, malakukan backup, recovery file dan melakukan beberapa fitur HDD protection lainnya.

Prosesor Powerful yang Hemat Daya

Untuk pejalan seperti saya, netbook ASUSPRO B8230 ini sangat cocok sekali, karena perangkat ini dikenal hemat daya. Kok bisa?

Prosesor pada ASUSPRO B8230 ini menggunakan Intel® Core™ i7-6500 Processor atau seperti seperti Intel® Core™ i5-6200 yang disebut sebagai generasi keenam atau disebut dengan Intel Skylake. Mikroprosessor berkecepatan hingga 3,1GHz, terkenal gesit tapi tetap hemat daya. Hal ini disebabkan karena nilai TDP yang rendah, yaitu 15 watt. Rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, maka semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat netbook sedang digunakan.

asus netbook

Selain itu, Intel Skylake akan memastikan netbook untuk bekerja dengan performa yang lebih prima dibandingkan varian prosesor sebelumnya. Apabila ada para profesional di perusahaan membutuhkan, ASUS menyediakan varian prosesor Intel berteknologi vPro yang dirancang khusus untuk segmentasi enterprise. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan data lebih baik lagi.

Kemudahan untuk Upgrade

ASUSPRO B8230 didesain untuk kemudahan proses upgrade. Kalian juga dapat membuka kompartemen yang berada di bawah bodi netbook dengan mudah. Setelah dibuka kalian juga dapat mengganti kapasitas penyimpanan atau storage, serta memori RAM yang lebih besar. Selain  itu user juga dapat melepas baterai polymer yang disediakan.

asus netbook

Spesifikasi netbook lainnya adalah 3 cell baterai berjenins Li-Polymer yang dipadukan dengan storage atau media penyimpanan berkapasitas jenis Solid State Drive (SSD) 256GB. Media penyimpanan berbasis SSD akan membuat proses komputasi berupa read and write pada sistem menjadi lebih cepat. Sementara itu RAM diberikan dengan kapasitas 4GB.

Penggunaan SSD M2 juga merupakan kelebihan yang ditawarkan oleh ASUSPRO b8320. Selain menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan penyimpanan berbasis SSD biasa. Dimensi fisik SSD M2 juga lebih ringkas, sehingga dapat menghemat ruang untuk penempatannya dalam casing notebook. Fitur lainnya adalah, USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM module, kingston lock, Smart Card reader dan sudah didesain dengan standar pengujian militer MIL-STD 810G.

Ya, andaikan saya punya ASUSPRO B8230 pasti saya tak perlu bingung dan repot buat mengedit video vlog, bikin infografis, nulis artikel dan menyimpan file foto dalam satu perangkat tanpa khawatir baterai cepat habis, sistem yang lemot. Tentunya pekerjaan saya dapat teratasi dengan cepat di mana pun saya berada. Wah…! Senangnya.

Video ilustrasi : Ketika traveling bersama Asus. #ekspresikandirimu #AsusIntel

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

26 Comments


  1. // Reply

    Duhh jadi pengen punya satu deh buat menunjang kerjaan (baca: maen game)


  2. // Reply

    ini netbooknya tipis kali yak, cocok dibawa kemana2, ringan, dan tahan lama.

    memang ga pernha puas pengen upgrade ke asus pro

    saya nonton videonya sampe habis lho kaka, bagus…


    1. // Reply

      Heheh makasih kak, netbook tipis emang nyenengin yak..gampang buat dibawa kemana-mana.


  3. // Reply

    ram nya bisa diganti yang 32 gb ngga? ram 4gb untuk kebutuhan sekarang sudah sangat kurang


  4. // Reply

    bagus nih kalo pake yang tipis & ringan pas dirimu keliling2 kak. makin bagus juga dapetnya dari kado ya? Ah, aku pun mau 😀


  5. // Reply

    seru nih travelling sambil bawa-bawa asus pro yang ringan banget dan gak bikin sakit punggung 😀


  6. // Reply

    ASUS emang keren, saya punya laptop ASUS 3 biji sekalian, karena aku cinta ASUS ^_^


  7. // Reply

    Assalamu alaikum Mia Kamila

    Apa kabar dan salam kenal

    saya pengunjung baru loh kak..

    pas saya baca cerita pengalaman dikejar deadline yng ditinggal di bali memberi sesuatu yg berkesan bagi saya kak..

    lalu di belikan laptop oleh ayah kakak. sungguh orang tua yang peduli akan kebutuhan anak anaknya kak..

    dan kupasannya juga cukup menarik menjadi pertimbangan beli laptop yang dibahas ini.

    salam dari karanganyar
    Mukhofas

    oh iya kak, bila kakak berkenan untuk mampir di rumah saya


    1. // Reply

      Walaikum salam kak, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Nanti pasti berkunjung balik kak. Salam kenal juga.


  8. // Reply

    memang asus notebook ini ringan dan elegan … cocok untuk blogger travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *