Destination Traveling

Wisata Halal Lombok Kini Menjadi Sebuah Destinasi Favorit

wisata halal lombok

Tahun 2016 sebentar lagi berakhir, sebagai orang yang doyan keluyuran seperti saya, pastinya sudah mempersiapkan rencana untuk liburan di tahun depan. Dan salah satu destinasi yang akan saya kunjungi adalah “LOMBOK”. Sebelum saya pergi kesana, tentunya saya akan meluangkan waktu untuk mencari informasi mengenai Lombok.

Dari informasi yang saya dapatkan mengenai Lombok adalah Pulau yang dijuluki sebagai pulau seribu masjid. Julukan itu tercetus karena banyak sekali masjid yang dapat kita jumpai di Lombok. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Lombok. Mereka tak perlu pusing untuk mencari tempat untuk beribadah saat traveling.

Tak heran kalau saat ini Lombok akan dijadikan sebagai kawasan #WisataHalalLombok. Hemmmp…! Wisata halal Lombok? Dengan rasa penasaran saya pun mulai mencari tahu apa itu wisata halal Lombok?

wisata halal lombok

Sesuai aturan dalam Pergub NTB 51/2015 Wisata halal Lombok bermaksud untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pelayanan kepada wisatawan agar dapat menikmati kunjungan wisata dengan aman, halal dan juga dapat memperoleh kemudahan dalam berwisata. 

Saat ini di Lombok sedang digagas sebuah konsep untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan syariat islam. Pelayanan tersebut meliputi pembangunan tempat di area wisata yang bersih dan suci, makanan dan minuman halal, pertunjukan seni dan budaya serta atraksi yang tidak bertentangan dengan syariat islam, kebersihan dan sanitasi lingkungan, serta penetapan standarisasi hotel dan resort sesuai syariat islam.

wisata halal lombok

Wahh, menyenangkan sekali mendengarnya! Jadi, tak ada alasan lagi untuk terlambat sholat ketika sedang liburan ke Lombok. Semua area tempat wisata pun sudah sudah dilengkapi dengan berbagai informasi dan fasilitas tempat ibadah. Soal kuliner pun, tak perlu ragu lagi, karena untuk menemukan jajanan halal tidak lah sulit. Semua yang berlogo tulisan halal pasti dijamin halal.

Lombok Memenagkan 2 Kategori Penghargaan World Halal Travel Summit 2015!

Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia ketika mendengar sebuah pencapaian prestasi yang diperoleh oleh pariwisata di Indonesia, terutama pulau Lombok yang mendapatkan dua buah penghargaan dari World Halal Travel Summit 2015 di Abu Dhabi, UEA. Kategori yang dimenangkan adalah World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

wisata halal lombok

Alasan pertama yang menarik ketika Lombok memperoleh penghargaan ini karena orang Timur Tengah dan wisatawan dari negara 4 musim senang dengan destinasi tropis. Alasan keduanya karena Lombok dijuluki sebagai pulau seribu masjid. Hal ini menyebabkan banyaknya wisatawan muslim yang ingin datang ke tempat wisata yang sesuai syariat islam. Sebuah destinasi unik bagi mereka.

Sementara itu, karena masyarakatnya mayoritas muslim, jadi tak perlu repot untuk mencari makanan dan minuman halal di sana. Perihal penginapan pun sudah muslim friendly. Penginapan tersebut sudah dilengkapi dengan petunjuk arah kiblat, alat-alat sholat, dan kitab suci di kamar.

Dampak Wisata Halal Lombok

Pulau Lombok tak pernah surut pengunjung. Dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan, terlebih lagi dalam penerapan #WisataHalalLombokSumbawa tentunya akan membawa dampak peningkatan pengunjung wisata yang signifikan.

Dampak positif itu tak hanya dirasakan oleh dinas pariwisata setempat, melainkan juga dirasakan oleh masyarakat. Dengan adanya turis dan wisatawan yang datang ke Lombok, penghasilan masyarakat pun ikut bertambah. Peningkatan ekonomi kreatif, peluang kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta penuntasan kemiskinan di daerah. Industri-industri halal pun mulai bermunculan dan mulai dilirik oleh investor dari Arab Saudi yang tertarik untuk mendirikan sebuah usaha yang berhubungan dengan #HalalTourismID.

Statistik Kunjungan Wisatawan 

wisata halal lombok

Destinasi Wisata Halal yang di Lombok

Setelah mendapatkan informasi mengenai lombok dan wisata halal Lombok #WisataHalalIndonesia. Saya mendapatkan beberapa refrensi destinasi wisata halal di Lombok.

  • Desa Sade

Datang ke Lombok, rasanya kurang pas bila tidak berkunjung ke Sade, salah satu dusun yang ada di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Masyarakat di masih mempertahankan adat suku Sasak. Dinas pariwisata telah menjadikan desa ini sebagai desa wisata.

 wisata halal lombok

wisata halal lombok

Sade terletak di samping jalan raya, namun penduduk Sade masih memegang teguh keaslian desa tersebut. Salah satu keunikan di Sade adalah sebuah adat menculik anak gadis sebelum menikah. Seorang pria, sebelum melamar anak gadis orang akan menculik anak gadis tersebut. Kemudian, esok harinya orang tua dari si pria tersebut akan datang ke rumah si gadis untuk melamar gadis tersebut dan mengatakan bahwa anak prianya telah menculik anak gadisnya.

Bagi masyarakat Sade adat penculikan tersebut dinilai lebih terhormat dari pada harus meminang anak gadis dengan baik-baik.

  • Masjid Kuno Karang Bayan

Masjid Kuno Karang Bayan, adalah salah satu obyek bersejarah bagi masyarakat Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar. Bukti peninggalan itu, saat ini menjadi obyek wisata religi, dan dapat menunjang untuk adanya wisata halal Lombok.

  • Islamic Center

Islamic Center adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Pada islamic center terdapat sebuah masjid yang megah memiliki menara dengan nama “Menara 99”. Nama tersebut diambil dari Asmaul Husna. masjid ini merupakan masjid terbesar dan memiliki manara tertinggi yang terletak di pusat kota Mataram

DCIM100MEDIA

www.wisatadilombok.com

  • Sesaot

Sesaot adalah sebuah hutan lindung yang terletak di desa Seasot Lombok Barat. Hutan ini masih tergolong sangat alami. Di sana terdapat sebuah sumber mata air yang berasal dari gunung Rinjani. Kawasan hutan lindung ini sangat cocok untuk melepas penat.

wisata halal lombok

http://lombokbulanmadu.com/

Hutan lindung Sesaot mempunyai luas sekitar 5.999,2 hektar. Seluas 5.935 hektar diantaranya merupakan hutan lindung dan sisanya hutan kawasan wisata. Dari luas seluruhnya 43 persen merupakan hutan buatan sedangkan sisanya adalah hutan alami.

  • Jurang Malang

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi pada wisata halal Lombok adalah Dusun Jurang Malang Desa Sesaot. Di dusun ini ada sebuah masjid yang mirip dengan wihara. Masjid tersebut didirikan oleh orang Tionghoa yang menjadi mualaf. Bangunan tersebut nampak berwarna merah mirip bangunan-bangunan Cina.

  • Gili Nanggu dan Gili Sudak

Terasa kurang lengkap rupanya bila datang ke Lombok tapi kita melupalan wisata pantai dan pulaunya. Pantai dengan pasir putih dan air laut yang nampak biru wajib kita kunjungi sebagai salah satu tujuan destinasi wisata. Gili Sudak dan Gili Nanggu merupakan obyek wisata pantai yang ada di Lombok. Pantai ini masih terbilang sangat sepi pengunjung dan bisa dibilang sebagai pantai privat.

Beberapa destinasi wisata halal tersebut diciptakan oleh pemerintah daerah dengan sebuah paket wisata 4 hari 3 malam. Setelah mengetahui berbagai informasi tersebut, kini saya dapat menentukan destinasi wisata apa yang harus dikunjungi ketika datang ke Lombok. Tentunya bila ingin menikmati wisata halal Lombok.

Sumber :
http://travel.detik.com/read/2013/10/30/152010/2399509/1382/wisata-halal-konsep-baru-kegiatan-wisata-di-indonesia
http://lombokinsider.com/general-news/mengapa-wisata-halal-untuk-lombok-sumbawa/
http://lombokwandertour.com/content2/168/
http://travel.detik.com/read/2015/10/21/184432/3050023/1382/ini-alasan-lombok-jadi-destinasi-halal-terbaik-di-dunia
http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/2014-kunjungan-wisatawan-meningkat/
http://travel.kompas.com/read/2016/09/22/170600827/terasa.dampak.positif.wisata.halal.lombok
http://travel.kompas.com/read/2016/11/23/150100327/dampak.wisata.halal.dirasakan.masyarakat.ntb

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Promosi Lombok Sumbawa 2016 yang diselenggarakan oleh GenPI Lombok Sumbawa”

wisata halal lombok

Share This:

30 Comments

  1. Evi November 29, 2016
  2. Alley hardhiani November 30, 2016
  3. Dedew November 30, 2016
  4. Mechta November 30, 2016
  5. Jani November 30, 2016
  6. Alid Abdul November 30, 2016
    • Mia Kamila November 30, 2016
  7. Inayah November 30, 2016
  8. Prananingrum November 30, 2016
  9. rivai hidayat November 30, 2016
  10. Wahyu Widyaningrum November 30, 2016
  11. kerajinan December 1, 2016
    • Mia Kamila December 1, 2016
  12. zaki December 2, 2016
  13. Susindra December 2, 2016
  14. Rudi Chandra December 4, 2016
  15. Mesra Berkelana December 5, 2016
  16. Nasirullah Sitam December 8, 2016
  17. Astari December 11, 2016
  18. kamera fotografer December 11, 2016
  19. Wisata jogja December 11, 2016
  20. Leli December 13, 2016
  21. Sukanusantara December 19, 2016
  22. Joks March 13, 2017
  23. Joks March 13, 2017

Leave a Reply