Mengintip Cantiknya Sunrise Di Posong Temanggung

,

“Bangun….! Ini sudah jam setengah empat, katanya mau ke Posong!” Bisik saya sambil menggoyang-goyangkan tubuh mbak Ika yang ada di sebelah saya.

Tapi jawaban yang saya dapatkan adalah gerangan dan tubuh yang mengulat. Ternyata dia tidur dengan pulas. Tapi saya harus tetap membangunkan dia, karena kami akan naik ke Posong untuk menikmati sunrise diantara gunung Sumbing dan Sindoro.

posong

posong

Pagi itu, saya adalah anak yang paling rajin membangunkan teman-teman saya. Misi kami pagi itu tak lain hanyalah sunrise di Posong. Perjalanan kami tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Dengan suasana pagi yang dingin dan penuh dengan kabut. Kami melakukan perjalanan pagi dengan sangat antusias.

Bagi kalian yang tak suka dengan medan trekking, tak usah kawatir! Medan perjalanan ke Posong dapat kita tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Meskipun jalannya berbatu dan naik turun. Tapi jalan tersebut masih terbilang aman. Namun, kalian harus tetap hati-hati dan waspada yaa!

Hawa dingin mulai menyergap dan masuk kedalam sela-sela jaket yang saya kenakan. Kedua tangan saya mengepal menghalau udara dingin. Dari kejauhan saya sudah melihat bias kuning tanda matahari akan terbit. Namun, saya tak berharap lebih cuaca akan bersahabat pagi ini.

posong

Setelah kurang lebih lima belas menit kami berkutat dengan jalan berbatu. Akhirnya kami sampai di Posong. Udara dingin semakin terasa merayapi tubuh. Namun saya seolah acuh dengan cuaca dingin tersebut, lantaran pandangan saya sudah mulai tertuju ke arah timur di mana sang surya akan bersinar dengan terang.

Inilah tujuan kami datang ke sini. Diko, Koko, Rivai pun tak mau kalah untuk mengabadikan dan menunggu sunrise yang mereka idamkan. Tapi, sayang sekali kabut merenggut semuanya. Dengan perlahan kabut menutupi gunung Sindoro yang ada di depan kami. Sementara gunung Sumbing di belakang kami tak nampak ujungnya.

Posong Sunrise Adventure

posong

Posong adalah salah satu spot wisata di daerah Temanggung yang harus kita kunjungi. Lokasi ini terkenal dengan keindahan sunrisenya. Di sana kita dapat melihat hamparan kebun tembakau dan kopi. Udara yang sejuk akan memenuhi paru-paru kita. Selain melihat indahnya sunrise, kita juga bisa menikmati kopi di kedai-kedai kopi yang ada di sana.

Baca ini juga yaa..! : Wine Coffee Asal Temanggung

Temanggung memang terkenal akan kopinya. Arabika maupun robusta. Keduanya memilliki cita rasa yang khas. Minum kopi di gazebo sambil menikmati udara yang sejuk membuat kita akan menjadi fresh kembali.

posong

Serasa enggan pulang ketika kami sudah asik berfoto dan menikmati pemandangan dua buah gunung yang mengapit kami. Sindoro dan Sumbing.

Cara Menuju PosongΒ 

Tak sulit, jika kita ingin datang ke Posong. Rute yang dilalui pun tidak terlalu rumit dan banyak belokan. dari alun-alun Temanggung kita dapat berjalan meuju arah Wonosobo. Jalan menuju Wonosobo pun tak sulit meski kadang berkelok-kelok dan nantinya kita akan melewati jembatan si Gandul yang baru saja di bangun dan masih dalam taraf percobaan. Ketika sudah sampai di Desa kledung kita akan melihat papan arah “Ke Posong”.

posong

Nah, di situ kita tinggal masuk melalui gapura pintu masuk. Dari gapura pintu masuk kita hanya perlu memacu kendaraan kita dengan hati-hati, karena kita akan melewati beberapa tanjakan dengan jalan yang sedikit tidak rata. Hati-hati juga bila habis terkena hujan, karena akan licin bila dilalui.

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

39 Comments


  1. // Reply

    Waaa… jadi kangen. Aku sudah lama nggak naik ke daerah pegunungan buat liat sunrise, kak. Sensasinya itu loh, walaupun dingin tapi matanya jadi seger kalo liat sunrise yang cantik πŸ˜€


  2. // Reply

    Buat aku yg jarang jalan2 kemana2, baca postingan di blog tentang tempat2 menyenangkan cukup bikin bahagia *anaknya gampangan hihi* Lucu ya kalau bisa bareng2 keluarga or temen2 ke posong sun rise adventure gitu.. *tetiba pengen piknik*


  3. // Reply

    waduh … kampung halaman nya eyang dan ibu ku
    hiks jadi kangen pengen pulang kampung

    simodipuran … nama jalan di kota itu dimana eyang ku tinggal

    aku besar disitu dari umur 1 tahun sampai 3 tahun

    terima kasih mbak atas tulisan tentang temanggung


  4. // Reply

    Subhanallah. Baguuuuuusss. Udah lama kayaknya ngga wisata trekking. Belum punya nyali bawa anak, tp kadang liat postingan dan foto2 teman jd mupeng juga,hahaha. *dilema*


  5. // Reply

    wih….mba ika bisa sampe situ juga ternyata
    *angkat sepatu


  6. // Reply

    Pengen banget ke Posong, karena kalau pulkam ke Wonosobo kan pasti ngelewatin..tapi belum pernah berbelok ke posong
    Harus pagi2 benar ya biar dapat sunrise


  7. // Reply

    Wah pemandangan gunung,
    saya tinggal di sekitar telaga sarangan dan cuman berjarak 20an km dari sekipan jawa tengah
    disana juga ada pemandangan pegunungan yang ndak kalah asyik
    udah nyicip belum ?


    1. // Reply

      telaga sarang…? udah pernah kesana tapi cuma mampir doang…sempet naik boot keliling telaga jg sihh..


  8. // Reply

    saya pernah dapat pengalaman buruk, sempat ditawarin camping di posong tapi kok ya mahal banget πŸ™ padahal aslinya ga sampe ratusan ribu akhirnya pindah lokasi.


  9. // Reply

    Bs ditempuh dg mobil? Oya nginep di mana yg relatif dekat agar bs ngejar sunrise?


  10. // Reply

    Baru pertama kali ini denger wisata ini, Mbak. Posong. Unik banget namanya. Pas lah dengan apa yang ditawarkan.


  11. // Reply

    Deket rumahe mbak dini nggak tu mbak? Hihihi..

    Kapan ya ke sana. Liat foto2nya kok jd mupeng pingin halan2 sampe sono…


  12. // Reply

    Bagus banget mesti y mbaaak. Pengen, tp uda ga kebayang deh sama hawa dinginnyaa itu.. brrrrr #curhat #ehhh


  13. // Reply

    Waahhh seruunya. Ikutt donk
    Ternyata di jateng banyak view alam indah yg tersembunyi. Keren euy posong


    1. // Reply

      wah banyak banget….hanya saja kalo mau ke tempat yang agak mblusuk perlu pengorbanan ekstra…


  14. // Reply

    Kayaknya seruuu, lama bgt ngga hiking yg sesungguhnya, jd pingin bercengkarama dgn alam baca postingannya, Mba.


  15. // Reply

    Sayang banget itu backlight Mi…yg ramean. Pst syahdu bgt yaa. Aku cm lewat lewat aja klo Temanggung


  16. // Reply

    misteri po*ong di posong kok nggak diceritain? hihhhhhh padahal itu juga seru haha



  17. // Reply

    Pertama kesini pemandanganya josss banget..
    kedua dan ketiga Sindoro dan Sumbingya tertutup kabut. Huhuhu…
    btw salam kenal dari Blogger Kendal πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *