Kuliner Traveling

Mencicipi Nasi Goreng Mbako di Temanggung

“Besok pokoknya harus cobain nasi goreng mbako, yang katanya makanan khas Temanggung!” kata saya lantang.

Sebuah perjalan tak akan sempurna bila melewatkan sebuah acara kuliner. Bagi saya bagaikan sayur tanpa garam (baca : anyep). Jadi, ketika kaki saya sah menginjak Temanggung, saya langsung browsing perihal makanan khas Temanggung, apa yang bisa dicobain? Kemudian mbah google menyarankan saya untuk mencoba nasi goreng tembakau.

makanan khas temanggung

capture by Rivai

Makan nasi goreng sama tembakau? Tepat sekali, bukan itu yang dimaksud. Jadi, mengingat komoditi tembakau di daerah ini sangatlah banyak dan berlimpah, maka beberapa pengusaha kuliner ingin membuat sajian yang berbeda dari biasanya, sebut saja nasi goreng tembakau ini, misalnya.

Warung makan yang berada tak jauh dari alun-alun Temanggung ini memang menyediakan beraneka ragam makanan khas Temanggung. Warung yang diberi nama “Tebers” ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

makanan khas temanggung

capture by Rivai

makanan khas temanggung

Suasana lantai dua di warung tebers (capture by Rivai)

Setelah muter alun-alun sebanyak 7 kali akhirnya kami sampai di depan warung “Tebers”. Yah, kadang aplikasi google maps membingungkan untuk dibaca atau kami yang lapar jadi tak sanggup membacanya.

Dengan wajah sumringah kami pun segera neloyor masuk kedalam. Cacing-cacing di peru rasanya sudah tak sabar untuk mencicipi nasi goreng tembakau itu. Tak lama kami duduk dengan tertib di meja makan, datanglah seorang mas-mas dan menyapa kami dengan ramah.

“Mau pesan apa? Maaf ini menunya tinggal makanan ringan saja. Nasi gorengnya habis karena nggak ada nasinya ” Kata masnya sambil memegang catatan menu.

“Apaaaaaaa??????” Kami serempak menjawabnya.

“Yah, masak sih sudah habis? Besok kami pulang ke Semarang, masak jauh-jauh dari Semarang nggak nyicipin nasi goreng legenda itu?” Kata saya memelas, memohon dan berharap masnya bilang “April mop, kamu aku kerjain” tapi bulan april kan udah lewat.

“Iya mas, masak udah abis sihh? Apa gak bisa diusahain nasi gitu mas?” Pinta mbak Ika. Tapi itu sedikit  maksa. Haha.

“Hemmm…..yaudah deh coba saya belikan nasi di warung sebelah dulu.” Kata masnya sambil melihat kami satu persatu.

“Yeeeeeee…….”

makanan khas temanggung

capture by Rivai

Akhirnya kami menang melawan masnya. Kami sudah kelaparan dan pengen nyobain nasi goreng tembakau. Setelah masnya turun membawa catatan pesanan kami. Kami pun merasa senang sekali akhirnya malam itu kami bisa nyobain makanan khas Temanggung itu.

Pantesan udah pada abis, ternyata kami tiba di Tebers udah jam setengah sembilan malam. Pantas pula warung ini nampak sepi tak ada pengunjung yang datang, ternyata warung ini hampir tutup. Tapi tak apalah, yang penting kami berhasil membujuk masnya untuk membuatkan nasi goreng tembakau itu.

Tak perlu menunggu lama, akhirnya pesanan pun datang. Kami memesan nasi goreng tembakau, nasi goreng srintil, kupat tahu dan bakso uleg. Semua makanan tersebut adalah makanan khas Temanggung yang layak kalian cobain. Percaya sama saya, lidah kalian tak akan berhenti bergoyang. Belum lagi cuaca Temanggung yang lembab dan dingin. Setelah semua makanan lengkap tersaji di atas meja, kami pun diajak foto dengan membawa hidangan tersebut. Hahaha. Berasa selebgram.

makanan khas temanggung

foto kami di instagram tebers

Nasi goreng tembakau ini dimasak menggunakan bumbu rempah yang dicampur dengan biji tembakau. Rasa rempah-rempahnya nendang di lidah bercampur rasa getir yang dihasilkan dari biji tembakau tersebut. Nasi goreng ini disajikan dengan topping irisan cabe ijo, jamur dan daging kambing. Hampir mirip dengan nasi kebuli kalau saya rasakan. Tapi ini beda. Penasaran? Datang langsung dan cobain rasanya.

Nah, jika kalian masih penasaran juga, bisa dilihat langsung liputan kami mencicipi nasi goreng tembakau yang merupakan makanan khas Temanggung di warung Tebers!

Jangan lupa like dan Subscribe yaa!

Video By Handiko Rahman

Share This:

15 Comments

  1. Nasirullah Sitam November 26, 2016
    • Mia Kamila November 26, 2016
  2. Jani November 26, 2016
  3. Unyil November 26, 2016
  4. Unyil November 27, 2016
    • Mia Kamila November 27, 2016
  5. Johanes Anggoro November 28, 2016
  6. Inayah November 29, 2016
  7. sulis December 2, 2016
  8. adlien December 4, 2016
  9. Dedew December 11, 2016
  10. M. Moko - garisbatas.com December 26, 2016
    • Mia Kamila December 26, 2016

Leave a Reply