Makan Soup Pho Sampai Mabok

Katanya gak afdol kalau datang ke Vietnam nggak makan Pho Soup. Karena makanan ini adalah Vietnam food. Gitu katanya! Jadi, saya memasukkan list mencari Pho di buku kecil saya. Sesampainya di Saigon saya tidak sulit untuk menemukan Pho. Semacam tak sulit untuk menemukan mie ayam di Indonesia. Banyak yang jual!

pho

Mulai dari street food yang hingga restoran penganan ini tak pernah ketinggalan untuk masuk ke daftar menu makanan. Pho yang saya jumpai pertama kali ada di kedai dekat hotel kami bermalam. Kesan pertama melihat makanan ini adalah mangkuknya yang besar, daun segar yang disajikan terpisah dengan potongan jeruk nipis dan harga yang murah.

Sekilas kudapan ini mirip dengan mie ayam tapi dengan kuah bening. Berisikan mie putih seperti bihun tdengan ukuran mie-nya gede. Rasa kuahnya bervariasi. Ada rasa ayam, beef, dan seafood. Tinggal milih mau yang mana sesuai selera. Soal harga, tak usah dipikirkan. Makanan ini dipatok dengan harga mulai dari 35.000 – 55.000 VND tergantung varian rasanya. Dengan harga segitu setimpal dengan penyajiannya dalam mangkuk besar dan aneka lalapan daun segar.

Seperti biasa, sebelum saya melalap habis hidangan yang saya pesan, terlebih dahulu saya mengincip kuah dan menyendok mie yang berada di baawah. Ketika saya menyesap kuah Pho tersebut, ada rasa gurih, sedap, dan wangi beradu dalam indra pengecap saya. Sementara mie yang saya kunyah terasa hambar. Mungkin itulah alasannya kenapa kita harus memakannya secara bersamaan.

pho

Daun-daun segar bisa kita tambahkan kedalam mangkuk, untuk memberikan rasa segar bisa juga ditambah dengan perasan jeruk nipis atau ditambah dengan sambal cabai kering jika suka pedas. Hemmhh….kali ini rasanya benar-benar nendang di lidah. Segar, gurih, sedap, pedas dan wangi bercampur jadi satu menyentuh lidah. Mungkin kalian penasaran kenapa saya mendeskripsikannya dengan rasa wangi? ya, karena memang saya menangkap rasa itu dalam lidah saya. Rasa wangi itu berasal dari taburan daun hijau yang mirip dengan seledri.

Ada yang unik mengenai masakan ini, yaitu tempat duduk untuk makan. Sebagian besar penjual pho yang berada di pinggir jalan menggunakan meja panjang dan kursi kecil yang pendek, seperti dingklik. Dan kita harus nongkrong untuk memakannya. Hati-hati untuk duduk diatasnya, jika kalian tidak ingin terjengkang kebelakang. hehe.

Setelah keliling Vietnam beberapa hari, saya pun jadi terbiasa makan kudapan ini. Di mana-mana ada Pho. Hingga sampai tiba waktunya pulang pun, kami memutuskan untuk makan pho di bandara. Sepertinya saya sudah mabok Pho.

Share This:

2 thoughts on “Makan Soup Pho Sampai Mabok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *