Menjadi Tim Nusantara Sehat? Siapa Takut ???

Menurut saya, Lingkungan merupakan salah satu variabel yang perlu mendapat perhatian khusus dalam menilai kondisi kesehatan masyarakat. Dari segi perilaku masyarakat, pelayanan publik dan genetik. Banyak sekali indikator yang dapat mempengaruhi lingkungan dan menjadi salah satu dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat. Akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak, misalnya.

Luasnya wilayah Indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan membuat pemberdayaan lingkungan yang tidak merata. Akibatnya banyak sekali saudara-saudara kita yang berada di pelosok negeri kekurangan fasilitas kesehatan yang memadai.

Menjadi Tim Nusantara Sehat? Siapa Takut ???

Sebagai seorang yang doyan jalan-jalan, dan suka berpetualang saya senang sekali jika bisa bergabung menjadi tim Nusantara Sehat, kenapa? Karena saya dapat melihat langsung kehidupan para masyarakat yang berada di pelosok negeri dan turut andil dalam pemberdayaan lingkungan yang mereka tinggali.

tim nusantara sehat
tim nusantara sehat

Program Nusantara sehat ini diselenggarakan oleh pemerintah yang bertujuan untuk menguatkan sebuah pelayanan kesehatan di pelosok negeri dan merupakan kebijakan dari Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes). Akan dibutuhkan dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, Ahli laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian yang akan ditempatkan di pelosok nusantara.

Meskipun latarbelakang pendidikan saya bukan dalam bidang kesehatan melainkan dalam bidang sistem informasi, namun saya masih bisa mempergunakan tenaga saya sebagai seorang fotografer (sebagai hobi saya) dan saya juga bisa membantu tim kesehatan untuk mengolah database pasien maupun database obat-obatan yang dibutuhkan selama disana. Serta saya juga dapat menggunakan tenaga saya untuk membantu memperdayakan lingkungan dan masyarakatnya.

Screenshot_2016-04-04-19-59-03

Saya sebagai bangsa Indonesia akan sangat prihatin jika masih banyak saudara kita di pelosok negeri yang masih kekurangan dari segi fasilitas terutama fasilitas kesehatan yang sangat penting. Terlahir dari keluarga militer, saya sudah sangat terbiasa dengan aturan kedisiplinan yang selalu diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari di keluarga saya. Jadi jika memerlukan sebuah pendidikan yang berbau militer saya dengan siap menghadapinya.

Akan ditempatkan di plosok Nusantara?

Waw, sebuah tantangan bagi saya jika itu terjadi. Karena saya akan berada langsung di tengah-tengah masyarakat yang masih kental dengan adat dan budaya daerah mereka. Sambil menyelam minum air, mengabdi pada negera sambil belajar budaya. Itu merupakan hal yang sangat luarbiasa bagi saya. Mengerti lebih dalam dan lebih memahami kehidupan mereka secara spesifik yang jauh dari hingar bingar megapolitan.

Screenshot_2016-04-04-19-58-50

Dari lahir dan tumbuh besar di sebuah perkotaan membuat saya merasa jenuh dengan berbagai macam drama perkotaan yang saya nilai sangat membosankan. Meski segala fasilitas saya tercukupi, manun saya akan merasa sangat angkuh jika saya tidak memposisikan diri saya untuk melihat indahnya Indonesia dari sisi yang bebeda. Dengan menjadi tim Nusantara sehat saya bisa mempergunakan ilmu dan tenaga yang saya miliki untuk sebuah kegiatan yang sangat mulia. Berbakti kepada Negara dan Bangsa.

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *