Ayo Dolan Museum….!!!

,

Jasmerah : Jangan sekali-sekali melupakan sejarah (Bung Karno)

Beberapa hari lalu saya mendengar dan sempat membaca berita yang menurut saya sangat ironi sekali. Sebuah museum Radyapustaka Solo  terancam tutup karena mempunyai masalah keuangan yang serius. Rasa prihatin yang cukup mendalam ketika mengetahui berita tersebut dan jika memang benar-benar ditutup.

12106086_689311301169000_1360514953_n

Bagi saya museum adalah sebagai tempat pembelajaran sebuah sejarah dengan praktis. Mengingatkan kita tentang masa lalu bangsa Indonesia bahkan mengingatkan kita tentang masa lalu sebelum ada peradaban. Ajang dimana kita belajar dengan secara langsung melihat sebuah bukti-bukti peninggalan sejarah yang pernah ada.

Entah salah siapa jika kejadian ini terjadi? Apakah kesalahan kita sebagai para penerus bangsa yang merasa lupa akan sejarah dan merasa enggan datang ke musum? Menurut pengamantan saya memang jarang sekali sebuah destinasi wisata berupa “Museum” ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Tiket masuk yang dikenakan untuk pun juga tidak mahal. Namun, kenapa pengunjung yang datang pun masih sedikit? Ada beberapa museum yang pernah saya kunjungi namun naasnya saya selalu menjadi pengunjung satu-satunya di museum tersebut. Padahal banyak sekali manfaat yang saya dapatkan ketika saya masuk kedalam museum tersebut.

  • Museum Sepuluh November

100_2342

Di dalam museum Sepuluh November saya menemukan beragam koleksi yang berhubungan dengan tragedi sepuluh November, dimana bangsa Indonesia bertahan merebut kemerdekaanya. Ada banyak diorama yang menceritakan tentang sejarah pada masa itu. Bagi saya belajar sejarah dengan cara seperti ini adalah cara yang asik dan dapat diterima baik oleh otak saya. Selain itu saya juga mendapatkan bonus berupa keliling tugu pahlawan yang merupakan sebuah tugu untuk mengenang jasa para pahlawan.

  • Museum Situs Pati Ayam

IMG_3926

Museum ini terletak di kabupaten Kudus. Tidak begitu besar namun di dalamnya terdapat beberapa fosil pra sejarah. Konon di sekitar museum tersebut dulunya adalah lautan dan rawa karena banyak sekali ditemukan sebuah fosil hewan laut. Tidak hanya itu saja, fosil gajah stegodon pun juga di temukan disana dan fosilnya di simpan di dalam museum.

  • Museum Ranggawasita
salah satu diorama yang ada dalam museum
salah satu diorama yang ada dalam museum

Sebuah museum terbesar di kota Semarang ini mempunyai koleksi sejarah dan budaya yang sangat lengkap. Dari mulai pakaian adat nusantara, alat musik tradisional, sejarah tentang perjuangan dan masih banyak sekali yang bisa dijabarakan disana. Dan semakin lengkap jika dijadikan bahan edukasi untuk anak-anak.

  • Muesum Batik Pekalongan
Ruang Pamer III
Ruang Pamer III museum Batik Pekalongan

Jika kalian mengira bahwa museum itu adalah sebuah tempat yang membosankan dan mengerikan. Itu tidak berlaku di museum batik pekalongan. Karena selain kita bisa melihat koleksi aneka batik nusantara, kita juga bisa belajar membatik disana. Seru bukan?

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi

IMG_66831

Nah, kalau berkunjung di sini, kita bisa melihat serta merasakan bagaimana para penggede Bangasa merumuskan sebuah teks proklamasi. Sensasinya lebih terasa ketika saya diajak nonton film dokumenter tentang perumusan teks proklamasi yang tersedia di dalam museum.

  • Museum Negeri Banten
Museum dihatiku
Museum dihatiku

Tergolong museum baru yang berada di pendopo gubernuran Banten. Dulu gedung ini adalah kantor Gubernur Banten. Setelah kantor tersebut pindah, gedung ini menjadi museum, tempat menyimpan barang-barang yang mengandung nilai sejarah Banten.

Nah, semua itu adalah beberapa cerita saya mengenai kunjungan saya ke museum. Sekarang cerita kalian mana? C

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

10 Comments


  1. // Reply

    jasmerah jangan melupakan sejarah..betul mbak…ak juga blm tuh ke musium batik pekalongan …batiknya cakep ya mb


  2. // Reply

    Sering ke Pekalongan tapi belum pernah sempat ke Museum Batik. Kapan2 harus masuk ke sana *tekad*


  3. // Reply

    Yeay museum batik pekalongan. Jangan lupa belajar mbatik ya kalau main kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *