Mengenal Lebih dalam Tentang MunasProk

,

Jika kita bicara tentang flash back tujuh puluh tahun lalu, dimana para pejuang kemerdekaan sedang mati-matian mempetaruhkan nyawanya untuk membela bangsa dan negara. Sekarang kita hanya bisa mengenang jasa mereka dan menjaga berbagai  macam peninggalan mereka. Segala bentuk perjuangan mereka sekarang telah dinikmati oleh anak cucu mereka (bangsa Indonesia). Namun tidaklah kita lupa akan perjuangan dan kerja keras mereka ketika memperjuangkan bangsa ini.

Rumah Laksama  Muda Maeda Yang masih berdiri kokoh
Rumah Laksama Muda Maeda Yang masih berdiri kokoh

Perjalanan saya kali ini tidak jauh dari kata mengenang. Banyak sekali defunisi dan cara kita unruk mengenang sesuatu. Misalnya, mengenang jasa para pahlawan kita. Sepercik kenangan-kenangan itulah dapat kita jadikan untuk berucap kata syukur dan menghargai jasa-jasa mereka.

Menteng. Tidak jauh dari suasana kota di pusat kota Jakarta. Kemacetan dan hiruk pikuk jalanan mulai terasa, belum lagi terik matahari yang kian menyengat dikala musim kemarau panjang datang. Saya tiba di stasiun Gondangdia, disambut dengan terik matahari yang menyengat dan kebul asap kendaraan yang siap menerpa wajah saya.

Munasprok, kali ini akan menjadi tujuan saya. Rasa ingin tau tentang sebuah kenangan dan perjuangan menuntun langkah kaki saya untuk sampai di tempat ini. Tentunya saya bersama ke empat teman saya, salah satunya kak Uci. Seorang ahli sejarah yang siap bercerita tentang kenangan masa lalu.

IMG_66821 IMG_66801

Rumah bercat kuning pudar dan putih tulang itu dulunya adalah kediaman Laksamana Maeda. Di rumah itu pula terjadi sebuah tragedi yang menyangkut tentang masa depan bangsa Indonesia (Kemerdekaan). Soekarno dan bung Hatta menyusun teks proklamasi dan di ketik oleh Sayuti melik disana. Terdapat juga diorama patung para tokoh dan aktifitasnya saat itu. Sehingga pengunjung museum dapat merasakan suasana yang terjadi pada saat itu. Tak lupa pula pengunjung akan di ajak menyaksikan film dokumenter perumusan teks proklamasi di ruang khusus. Dengan tarif yang sangat murah Museum ini cocok sekali untuk edukasi.

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

4 Comments


  1. // Reply

    Temenku bilang sejarah tuh apalan yg membosankan kak. Gimana ya biar dia tertarik belajar sejarah ?


    1. // Reply

      Ajak dia jalan-jalan ke tempat sejarah kak, nanti dia akan tertarik dengan sendirinya..hehe


  2. // Reply

    Seru juga bisa berkunjung ke tempat-tempat seperti ini. Main plus belajar menggali informasi lebih dalam 🙂


    1. // Reply

      Tentu saja pak, sebagian besar dari kita sering melupakan tempat-tempat bersejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *