Experience Traveling

Saat Solo Traveling

IMG_35591

Malu bertanya sesat dimana-mana. Mungkin itulah salah satu peribahasa yang cocok buat setiap kekonyolanku ketika solo traveling. Solo traveling sering sekali aku lakukan meski kedengarannya agak sedikit ngenes sih kata temen-temen, yang sering ngebully “Jomblo sih, jalan sendiri” haha, biarin dehh, yang penting ingatan mantan bisa lenyap diterpa angin di setiap kota yang aku singgahi (jiaaahhh).

Banyak sekali pelajaran yang aku dapat saat solo traveling. Dari mulai bagaimana cara melupakan mantan sampai mendapat ilmu sabar dan tabah ketika lihat sepasang traveler di jalan (nyesek). Eits, bukan sekonyong-konyong untuk itu tapi, lebihnya kita dituntut untuk lebih sabar dan tenang ketika kita mendapatkan sebuah masalah seorang diri. Memang aku akui kalau aku adalah seorang traveler pemula, mungkin dari budged yang tergolong pas-pasan. Jadi sering kali harus bisa memperhitungkan setiap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Dari hal yang baik sampai kemungkinan terburuk sekalipun.

Kali ini aku pengen sekali membahas beberapa kekonyolan yang pernah aku perbuat selama solo traveling alias jalan sendiri tanpa teman. Iya sendiri…sendirii…ahhh sendiriiii lagi….. Dan mungkin beberapa tips buat yang pengen jalan sendiri buat pemula.

1. Jangan Pernah Seperti Orang Bingung.

Jangan sekali-kali memperlihatkan wajah kebingungan meskipun kita sedang mengalaminya. Karena bisa jadi santapan orang-orang jahat dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya jika kita tiba di suatu terminal bus, banyak sekali calo-calo yang tidak kita ketahui. Jadi bersikaplah biasa, seolah sudah pernah datang berkali-kali di tempat tersebut.

2. Cari Informasi Tentang Tempat Yang Akan Kita Datangi.

Mencari informasi terlebihdahulu akan memudahkan kita untuk melanjutkan perjalanan. Ya, contohnya ketika datang di terminal, kita akan memiliki bekal pengetahuan untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi yang kita tuju. Dan jika kita harus bertanya, bertanyalah pada orang yang tepat (Pada petugas keamanan).

3. Fokus Pada Tujuan

Fokuslah pada tujuan yang akan di tuju. Jangan sampai kita tidak fokus gara-gara ada masalalu yang tiba-tiba melintas. Karena akan membuat kita tidak fokus dan bisa nyasar atau salah arah. Karena tidak fokus, aku nyaris kehilangan ransel di Stasiun Gambir (toyor kepala sendiri).

4. Jangan Sok Tahu.

Betul, jangan sok tahu kalau memang tidak tahu sebaiknya kita bertanya pada petugas keamanan. Beberapa hari yang lalu karena ke-Sok tahuan-ku, aku nyaris tidak mendapatkan bus gara-gara terlalu pede menunggu bus di pintu terminal yang salah.

Yah, mungkin itu adalah beberapa tips yang tidak begitu penting, tapi paling tidak bisa bermanfaat. Yang jelas selalu berfikir positif ketika berada di jalan dan selalu bersikap tenang jika mengalami hal-hal yang mungkin di luar prediksi kita, bahkan kemungkinan terburuk sekalipun. Karena jika kita bersikap tenang, kita akan bisa lebih jernih untuk berfikir apa yang akan kita lakukan setelahnya.

Share This:

Leave a Reply