Cerita Ku Hanya Cerita My stories

Arti Sebuah Perjalanan

Apa yang kamu katakan jika mendengar suatu kata “Perjalanan” ? Apakah perjalanan kamu mengasikkan? atau justru membosankan dan melelahkan?

Definisi perjalanan sangatlah beragam dan aku tidak dapat menjelaskannya satu persatu.

ilustrasi foto dari Koh Halim

ilustrasi foto dari Koh Halim

Jika kemarin aku bertemu dengan Kurniawan Gunadi sang penulis Hujan Matahari dan dia mengatakan bahwa perjalanan itu adalah sebuah kegiatan dimana dia bisa menselaraskan hati dan pikiran. Namun perjalanan bagiku adalah sebuah proses perubahan.

Perjalanan itu capek dan membosankan, bagaimana tidak? Jika kedua kaki kita dipaksa melangkah dan berpinda. Akan lebih terasa capek jika yang kita jumpai adalah mereka yang mempunyai raut wajah lelah. Akan terasa bosan jika hanya memandang kosong ke luar jendela.

Tidak selamanya sebuah perjalanan berjalan mulus tanpa hambatan. Ada beribu hambatan yang akan kita temui dalam melakukan perjalanan (perjalanan hidup). Banyak orang yang mengeluhkan suatu perjalananya. Banyak juga yang memilih menikmatinya sambil mengamati keadaaan yang di sekitarnya. Sebuah perjalanan akan menghasilkan sebuah tujuan dimana kita akan mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

“Nenek nunggu kereta Ke Surabaya?” Aku menyapa nenek-nenek yang duduk di sebalahku sedang menunggu kereta datang.

“Iya cu.” Jawabnya singkat. Kali ini nenek sedang merengkuh tas yang diletakkan diatas pangkuannya.

Rupanya Nenek ini menunggu kereta yang sama denganku dan hendak Ke Surabaya, satu tempat tujuan.

“Nenek mau kemana?” Tanyaku kemudian.

“Nenek mau ke Surabaya, ketemu cucu Nenek, sudah sepuluh tahun tidak bertemu cu, mungkin usianya sama seperti cucu.”Jawab Nenek sambil menatap nanar diriku yang berada di sebalahnya. Perjalanan kita sama, sama-sama hendak ke Surabaya dan mengendarai kereta yang sama tapi tujuan kita berbeda. Tapi kita sama-sama memiliki tujuan.

Share This:

Leave a Reply