10 Alat Trasportasi Darat Wisata

,

Beberapa bulan lalu terjadi obrolan seru di grup WhatsApp tentang trasportasi wisata yang ada di beberapa daerah di pulau jawa. Alat trasnportasi tersebut bisa kita jadikan rekomendasi untuk keliling kota sembari menikmati keindahan kota, cagar budaya dan sejarah yang terjadi dikota tersbut. Dan sekarang saya akan membahas sedikit tentang alat trasportasi terebut.

1.Semarang Jalan-Jalan Wisata (Semarjawi)

Bersama Semarjawi
Bersama Semarjawi

Semarjawi adalah bus pariwisata bertingkat yang merupakan hibah dari PT. Telekomunikasi Selular kepada masyarakat Semarang untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Semarang. Bus yang berkapasitas 25 sampai 40 orang ini akan membawa para wisatawan keliling kota lama Semarang untuk berwisata sejarah.

2. Bandung Tour On Bus (Bandros)

Bus pariwisata yang beroprasi sejak Agustus 2014 silam digunkan untuk berwisata keliling kota bandung. Bus tingkat ini akan mengantarkan wisatawan keliling melewati jalur Braga, Pasirkaliki, Setiabudi, Dago dan kawasan wisata lainnya.

3. Jakarta City Tour (JCT)

Jakatara City Tour adalah bus wisata milik pemerintah kota Jakarta. Bus tersebut akan mengantar kita keliling kota Jakaerta selama 1 jam lamanya. Rute yang dilewati adalah Bundaran Hotel Indonesia, Sarinah, Museum Nasional, Sarinah, Museum Nasional, Halte Santa Maria, Pasar Baru, Gedung Kesenia Jakarta, Masjid istiqal, Istana Merdeka, Monas, Balai Kota dan Sarinah. Adapun jam oprasional bus tersebut yaitu di jam 09.00- 19.00 wib. Khusus hari minggu jam oprasional mulai dari jam 12.00 wib. Jika kalian ingin keliling kota Jakarta menggunakan bus JCT tidak perlu repot mengantri tiket, cukup menunggu di halte-halte yang bertuliskan City Tour.

4. Kereta Uap Ambarawa

Kereta uap itu terdiri dari lokomotif bergerigi bernomor B 2502 dan dua gerbong yang sudah berusia kurang lebih 112 tahun. Kerata ini akan mengantarkan para wisatawan menikmati pemandangan alam di sekitar Ambarawa. Ada dua rute yang ditawarkan yaitu yaitu Stasiun Ambarawa-Stasiun Bedono dan Stasiun Ambarawa-Stasiun Tuntang. Tarif yang di tawarkan agak sedikit mahal, mengingat bahan bakar yang digunakan adalah kayu jati.

5. Bus Tingkat Wekudoro (Solo)

Bus tingkat werkudoro ini dapat dijumpai di kota Solo. Bus dengan kapasitas 54 orang ini akan mengantarkan para wisatawan keliling kota Solo yang beroprasi dihari sabtu dan minggu. Dalam bus ini dilengkap dengan televisi, AC dan kursi VIP di lantai atas. Bus tingkat werkudoro memiliki rute dari Manahan,  Jl. Slamet Riyadi, Purwosari, Gladak, Balaikota, Pasar Gedhe, RSUD dr Moewardi, UNS, Jurug , UNS, Panggung, Pasar Gedhe, Gladag, Pusat Grosir Solo (PGS), Sangkrah, Alun-alun Utara , Pasar Kliwon,  Baturono , Gading, Tipes, Baron,  Jongke,  Purwosari  dan Kerten. Selama dua sampai tiga jam.

6. Sepur Klutuk Jaladara

Sepur Klutuk Jaladara adalah suatu rangkaian kereta uap yang terdiri dari satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Lokomotif kereta buatan Jerman pada tahun 1896, diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa, sementara gerbongnya dari Magelang dan Bandung. Rute kereta Jaladara ini meliputi Stasiun Puwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5.6 kilometer. Rute ini melewati Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo dan  rencananya akan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak, dan lain-lain. Sepur Kluthuk Jaladara dapat membawa maksimal 80 penumpang dengan biaya yang terbilang agak mahal dikarenakan bahan bakar kereta uap ini menggunakan bahan bakar berupa lima meter kubik kayu jati dan 3 masinis serta 3 asisten masinis yang menyalakan kereta tersebut.

7. Andong Jogja

Nah, jika sedang berada di Jogja, tentunya kita akan merasakan suasan yang berbeda. Kita akan di suguhkan oleh suasana keraton yang terasa lekat di setiap sudut kota ini. Untuk menikmati suasana yang berbeda dari kota-kota yang lain kita bisa berkeliling menggunakan andong. Sebuah alat transportasi tradisional bertenaga kuda dan dikendalikan oleh seorang kusir yang berada di belakangnya. Andong dapat kita temukan di sekitar Malioboro atau di sekitar pasar Bringharjo. Pak kusir akan mengajak kita keliling kota Jogja.

8. Malang City Tour (Macyto)

Tak mau kalah dengan kota-kota yang lain. Malang yang mempunyai beragam heritage dan sejarah kini mempunyai sebuah bus wisata yang bernama Malang City Tour. Bus tingkat berwana hijau ini siap mengantar para wisatawan keliling kota Malang dan menikmati pemandangan kota dengan leluasa. Bus Macyto berprasi pada hari Sabtu dan Minggu mulai jam 09.00 – 12.00 wib dan jam 16.00 – 20.00 wib dengan rute start dari Balikota Malang – Jalan Majapahit – Basuki Rahmat – JA Suprapto – Ahmad Yani – jalan Borobudur – Soekarto Hatta –  Mayjen Panjaitan  – jalan Ijen – Jalan Kawi – kawasan Alun-Alun Merdeka Malang – Jalan Embong Brantas –  Balakota Malang. Bus ini berkapasitas 40 orang.

9. Surabaya Shopping and Cullinary Track (SSCT)

Bus milik pemerintah kota Surabaya ini akan mengantarkan wisatawan berkeliling kota Surabaya dan menikmati kuliner khas kota Pahlawan ini. Jalur yang dilalui mencakup tempat wisata, tempat belanja dan juga tempat makanan.  Bus ini beroparsi seminggu tiga kali yaitu dihari selasa, sabtu dan minggu pada jam 09.00 sampai 14.00 wib. SSCT berangkat dari Balai Pemuda kemudian melewati Balaikota, Taman Ekspresi, Tugu Pahlawan, Museum Kesehatan, Museum BI dan Jembatan Merah Plaza. Hanya dengan tarif Rp. 7.500,00 kita dapat menikmati setiap detail kota Surabaya beserta merasakan berbagai macam makanan khas Surabaya.

10. Surabaya Heritage Track (SHT)

Bersama Bus SHT
Bersama Bus SHT

Surabaya Heritage Track adalah bus yang merupakan bagian dari House Of Sampoerna. Bus ini juga akan membawa para wisatawan keliling Kota Surabaya bagian utara. Kawasan ini merupakan kawasan tertua di kot Surabaya. SHT beroprasi pada hari selasa –  minggu dengan waktu putar sekitar 1jam sampai 1,5 jam dengan rute start dari House Of Sampoerna, PTPN IX Museum perjuangan 10 November, Klenteng Hok An Kiong, Escompto Bank, kantor Pos Kebonrojo.

Nah, itu diantaranya macam-macam alat trasportasi yang memanjakan para wisatawan untuk menikmati destinasi wisata yang di suguhkan oleh setiap kota.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka blog competition yang diadakan oleh #TravelNBlog”

Share This:

Tinggalkan Comment di Sini ya...! Tapi Jangan Tinggalin Link Hidup!!!

4 Comments


  1. // Reply

    waaah, banyak yang belum saya coba nih kendaraannya..


    1. // Reply

      Ayo kak kita cobain rame2 yokk…biar seru gitu kayak di semarang waktu itu..hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *