Kesenian Tari Dawis di Jawa

Sisa Selasa tema : Apa yang membuatmu Takut ?

Tari Sufi
Tari Sufi

Pekalongan, adalah nama dari sebuah kota yang lekat dengan kerajian tangan berupa batik. Sehingga kota ini dinamakan kota Batik. Selain batik kota ini jg memiliki berbagai macam kesenian budaya.

Salah satu kesenian budaya di Pekalongan adalah tari Dawis. Kesenian ini terbentuk dari sebuah komunitas majelis dzikir. Sebenarnya tarian ini berasal dari Turki, tetapi karena sebuah komunitas ini membawakannya di tanah Jawa maka kesenian ini dikolaborasikan dengan gending Jawa karena dalam bahasa jawa “Wong Jowo Ora Keno Ninggal Jawane” yang artinya adalah orang Jawa tidak boleh meninggalkan budaya Jawanya. Kesenian ini dapat di sebut kesenian multi culture, karena tediri dari Arab, Jawa dan para Wiyogo (penabuh gamelan) adalah orang Tiong hoa.

Hal yang mebuat saya merasa takut adalah ketika sebuah budaya mulai luntur seiring perkembangan jaman larena apatisnya para generasi muda yang tidak ikut berperan untuk melestarikannya. Oleh karena itu selain kita mengenal sebuah seni budaya, alangkah baiknya ikut menjaga kelestariannya.

Share This:

One thought on “Kesenian Tari Dawis di Jawa

  1. Seperti halnya musik cadas di dunia barat sevagai ekspresi seni yg begitu digandrungi kaum muda tanah air karena mewakili gelora jiwa muda. Daya tarik seni lokal tanah air terkadang sulit dicerna kaum muda yg mudah bosan dan dinamis. Ke depannya perlu ada kemasan perform budaya lokal yg lebih menarik kaum muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *