Mitos

Salam manis imut,,,,unyu2 kayak gue…hehhehe…Capeknya abis pulang dari kantor itu rasanya pengen ngelempar tubuh gue ke atas kasur *gedebuk* lalu guling2 terus ngulet2 cium2 bantal guling yang bau iler lalu bobok manis,,henakkk sekaliiiii. Tapi malam ini gue sempetin ngeblog bentar deh. Biar crazy meter gue bisa berstandar nasional.Sekedar sharing kegiatan gue yang cukup memilukan hari ini. Dari hasil perkelanaan gue seharian yang membuad gue rada2 kumat yaitu aturan kantor yang semakin mencekek para karyawannya sampai matanya melotot kehabisan napas sesenggukan dan berbunyi *ngikkkkkkk… (maaf bukanyanya ngeritik cuma sedikit ngeluh) hehehhe.. any way hari ini hari selasa hari yang sangat mematikan bagi para marketing karena harus menjalankan komitmen dengan mengisi suatu aplikasi pengajuan kredit. Intinya harus ada minimal 1 calon debitur yang pengajuan, gila apa??di pikir cari debitur kayak cari kacang di pasar???? dan hari ini mau gak mau gue dengan berat hati agak memaksa dan sedikit mendesak gue sodorkan selembar form kepada calon nasabah dan minta untuk di tanda tangani dengan dalil “Bapak kan udah tanya2 jadi harus tanda tangan” heehhehe bukan2 “Tolong pak kasihani saya tanda tangan yaa” eehh bukan gitu “Pak saya coba daftarkan saja yaa pak, nanti keputusannya terserah bapak” bisa jadi, atau “Pak saya minta tanda tangannya untuk bukti pengajuannya bapak” hmmmmm pilih jawban yang paling tepat… sttttt kalo si bos baca siap2 gue mau kaborrrrrrr dulu….. *ngacir….

Jam makan siang gue mampir kesebuah warung seperti warung tegal, tapi ini namanya warung “Monggo” kalo dalam bahasa jawa yang artinya (silahkan) ada yang unik dari warung itu tiap kali mau duduk samapai di layani bahkan sampai bayar pelayannya selalu bilang ‘monggo’ ramah banget yakk. Warung ini terletak di desa Jakenan Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah. Lengkap banget yakk..Di tengah2 gue makan siang, tiba2 pak David temen gue menemukan uang sejumlah 25 ribu perak gue kira 25 juta hahahha segerr dong kalo banyak nya segitu. setelah kita mau bayar uang itu sama pak David di kasihkan sama pemilik warung dan para pengunjung atau pelanggan warung saling bersahutan berkata “Sendirikan bu uangnya jangan di campur bisa bawa yang lainnya” dalam batin gue cuma bisa bertanya2 apanya yang dibawa? apa hubungannya sama sebuah uang temuan? kata mereka itu mitos atau sebuah kepercayaan.

Jadi begini pemirsah, kita sharing aja, entah benar atau salah. Negara indonesia kita tercinta memiliki beragam adat istiadat dan culture. Terutama di kepulauan Jawa. Masyarakat di Jawa masih mempunyai ikatan yang erat pada alam. Asal mula dari semua itu adalah dari ilmu ‘titen’ yaitu ilmu mendeteksi suatu kejadian yang konstan yang terjadi terus menerus dengan sebuah kejadian lain yang konstan dan berlangsung dalam kondisi yang sama atau serupa. Generasi masyarakat sekarang menganggap mitos itu adalah sebuah keyakinan dan kepercayaan. Bahakan kadang sering kali di jadikan pedoman hidup seseorang. Gue heran di era tahun yang canggih ini masih percaya gitu2an. Tapi kadangbikin galau juga, mau gak percaya kadang bisa kejadian, kalau mau percaya gak masuk akal banget. Nah lo galau kan?? sama, gue juga. Fenomena mitos ini sperti udah membudanya dan kerap kali berhungungan dengan mistis. hiiii seremmm ah..ngomongin mistis mulu…

Mitos yang kerap sekali terdengar di masyarakat contohnya nih :

Mimpi bertemu ular : katanya sih kalo mimpi bertemu ular atau di gigit ular konon katanya akan bertemu jodoh kita. Masa sih??? gue pernah mimpi bertemu ular tapi nyatanya masih jomblo??ehh kok malah curhat? apa karena gue kebawa mimpi aja, karena abis nonton film anaconda? Hahahahahaha. Bisa jadi bisa jadi.

Menabrak kucing : Kata orang jawa kalau nabrak kucing itu bisa celaka. Seperti ada pembalasan dari sang kucing. Kalau gue ada kucing nyabrang atau tiduran di jalan yaa gue ambil lah karena gak tega kalo sampai nabrak. kan kucing itu lucu. Gue juga punya kucing jadi setidaknya gue punya rasa perikehewanan.

Menemukan uang yang gak tau pemiliknya : kata orang2 jagan di campur sama uang kita, nanti uang kita bisa ilang. Apa iya?bukannya itu rejeki? kan kita nemu, bukan nyuri?? ahh no komeng ahh dari pada salah. Benar pun kadang gak masuk akal. Salah pun kadang bener. hiiii seremmmm…

Anak gadis dilarang duduk di pintu: Kata nenek2 kita nanti susah dapat jodoh. Ahh yang bener??? Logikanya kalau duduk di tengah pintu nanti nenek gak bisa lewat karena kehalang. Begitu nenek….jadinya pamali.

Dan masih banyak lagiiiii….dicari sendiri lainnya yaa..Yang jelas apapun dan seperti apa itu?itu adalah culture from my country. Jadi perlu di buadayakan dan perlu di hargai. Tapi perlu kita ketahui bahwa semua itu adalah kehendak Tuhan sang pencipta alam. Kita sebagai manusia wajib patuh dan percaya terhadap-Nya. Jangan semata2 kita percaya adanya mitos.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *